PENGGUNAAN SOFTWARE POM QM V5 UNTUK MENGANALISIS SISTEM ANTRIAN

  • Fazrina Saumi
  • Rizki Amalia Universitas Samudra
  • Ulya Nabilla Universitas Samudra
  • Fitra Muliani Universitas Samudra
Keywords: Sistem Antrian, POM QM V5.

Abstract

Antrian merupakan kegiatan yang dimulai dari kedatangan seorang pasien pada suatu fasilitas layanan, menunggu dalam suatu baris jika semua pelayanannya sibuk, dan meninggalkan fasilitas tersebut setelah dilayani. Antrian sering dijumpai pada poli jantung di RSUD Kota Langsa. Hal ini disebabkan oleh poli jantung hanya membuka layanan hari Selasa dan Kamis. Mekanisme antrian ini menerapkan disiplin antrian First In-First Out (FIFO) dan struktur antrian Single Channel-Single Phase. Untuk menganalisis fenomena antrian tersebut, digunakan software POM QM V5 dengan menerapkan model antrian M/M/1, M/D/1, dan M/G/1. Terdapat empat langkah yang dilakukan dalam penerapan software tersebut, yaitu mencatat waktu kedatangan setiap pelanggan; mencatat waktu mulai dan selesai dilayani oleh fasilitas pelayanan atau petugas layanan; membuat tabel sebaran frekuensi waktu antar kedatangan pasien dan tabel sebaran frekuensi waktu pelayanan kemudian; menguji sebaran waktu antar kedatangan pasien dan waktu pelayanan menggunakan model antrian. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh bahwa jumlah pasien paling banyak yang menunggu dalam antrian terjadi pada periode 08.00-09.00 dan 09.00-10.00 sedangkan jumlah pasien paling sedikit terjadi pada periode 11.00-12.00.

Published
2019-01-30