UPAYA MENINGKATKAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN STRATEGI MEMBACA TERARAH PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan belajar dan membaca pemahaman pada siswa kelas di kelas V SDN 1 Langsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas dan data diperoleh melalui observasi, wawancara, serta lembar pengamatan sikap. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 1 Langsa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas proses pembelajaran terlihat dari siswa menjadi lebih aktif dan antusias, tidak terlalu banyak bergantung pada guru, mampu menghubungkan pengetahuan atau pengalaman yang telah mereka miliki terhadap topik yang sedang dibahas dan siswa juga selalu bekerja sama dengan teman lain saat memecahkan masalah yang harus dikerjakan dalam kelompok. Proses tersebut berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Hasil belajar siswa. telah memenuhi standar KKM, dimana pada saat pratindakan terdapat 5 (23,81%) siswa yang memenuhi standar KKM dan di akhir siklus I meningkat menjadi 16 (72,73%) siswa, serta pada akhir siklus II meningkat lagi menjadi 22 (95,65%) siswa.