UPAYA MENINGKATKAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN STRATEGI MEMBACA TERARAH PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Bunga Mulyahati Universitas Samudra
  • Mursina Mursina SD Negeri 1 Langsa
Keywords: Membaca Pemahaman, Strategi Membaca Terarah, Siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan   meningkatkan keaktifan belajar dan membaca pemahaman pada siswa kelas di kelas V SDN 1 Langsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas dan data diperoleh melalui observasi, wawancara, serta lembar pengamatan sikap. Subjek dalam penelitian ini adalah  guru dan siswa kelas V  SDN 1  Langsa. Teknik  analisis  data  yang  digunakan  yaitu  reduksi  data,  penyajian  data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas proses pembelajaran terlihat dari siswa menjadi lebih aktif dan antusias,  tidak  terlalu  banyak  bergantung  pada  guru,  mampu menghubungkan pengetahuan   atau   pengalaman   yang   telah   mereka   miliki terhadap  topik  yang sedang dibahas dan siswa juga selalu bekerja sama dengan teman lain saat memecahkan masalah yang harus dikerjakan dalam kelompok. Proses tersebut berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Hasil belajar siswa. telah memenuhi standar KKM, dimana pada saat pratindakan terdapat 5 (23,81%) siswa yang memenuhi standar KKM dan di akhir siklus I meningkat menjadi 16 (72,73%) siswa, serta pada akhir siklus II meningkat lagi menjadi 22 (95,65%) siswa.

Published
2018-11-20