PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GAMPONG TEUNGOH LANGSA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gampong Teungoh. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Gampoh Teungoh dan yang menjadi sampel siswa kelas V SD Negeri Gampong Teungoh yang berjumlah 19 siswa. Pada siklus I besar persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 73,68%, pada siklus II mengalami peningkatan besar persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 74,74% atau meningkat sebesar 1,06% dari siklus I, sedangkan pada siklus III yang merupakan siklus terakhir dalam penelitian ini, besar persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus III yaitu 86,32% atau meningkat sebesar 11,58% dari siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and piture berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gampong Teugoh