HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR LEBIH BAIK DIBANDINGKAN MEDIA KOMIK DI SMP NEGERI 6 LANGSA

HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR LEBIH BAIK DIBANDINGKAN MEDIA KOMIK DI SMP NEGERI 6 LANGSA

  • Ruhama Desy Marzuki Universitas Samudra
  • Ayu Andriani UNIVERSITAS SAMUDRA
  • T Hadi Wibowo Atmaja UNIVERSITAS SAMUDRA
Keywords: Media Komik Ilmiah, Media Gambar, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak

 

Penggunaan media gambar dan komik ilmiah dikarenakan memiliki bahasa umum yang dapat dimengerti dan dinikmati dimana-mana. Gambar berbicara lebih banyak dari pada seribu kata. Media gambar dan komik ilmiah merupakan peniruan dari benda-benda dan pemandangan dalam hal bentuk, rupa, serta ukurannya relatif terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan media komik ilmiah dengan media gambar di SMP Negeri 6 Langsa serta untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar menggunakan media komik ilmiah dengan media gambar di SMP Negeri 6 Langsa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 107 orang siswa yang terdiri dari 4 (empat) kelas paralel yaitu kelas VII-1, VII-2,VII-3, VII-4. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen I (Media komik ilmiah) dan 20 orang siswa kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen II (Media gambar). Hasil belajar dengan menggunakan media gambar didapat nilai rata-rasa sebesar 88,2 lebih lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan media komik ilmiah sebesar 77,75. Selisih nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas VII adalah 10,25. Kesimpulannya adalah ada perbandingan hasil belajar menggunakan media komik ilmiah dengan media gambar dan besarnya perbedaan hasil belajar menggunakan media komik ilmiah dengan media gambar di SMP Negeri 6 Langsa sebesar 10,25.

Published
2018-06-01
Section
Articles