http://ejurnalunsam.id/index.php/jensi/issue/feed JENSI (Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi) 2018-11-26T09:54:37+00:00 Afrah Junita afrahjunita@unsam.ac.id Open Journal Systems <p align="justify">JENSI (Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi) merupakan wahana hasil penelitian dan telaah konseptual dalam bidang Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, diterbitkan sejak tahun 2017 dan terbit 2 kali setahun pada bulan Juni dan Desember</p> http://ejurnalunsam.id/index.php/jensi/article/view/938 Perubahan Anggaran, Partisipasi Anggaran, dan Gaya Kepemimpinan Pada Pemerintah Daerah (Bukti Empiris dari Perspektif Goal-Setting pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di Aceh) 2018-11-26T09:54:33+00:00 Afrah Junita afrahjunita@unsam.ac.id <p align="justify"><em>Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Partisipasi Anggaran dan Gaya Kepemimpinan terhadap Perubahan Anggaran pada unit kerja pemerintah daerah di Aceh. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden dari SKPD pada 18 (delapan belas) pemerintah daerah kabupaten/kota dengan jumlah kuesioner terkumpul sebanyak 110 dari 150 yang dibagikan. Data dianalisis menggunakan model regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Partisipasi Anggaran dan Gaya Kepemimpinan berpengaruh positif terhadap perubahan anggaran SKPD</em></p> 2018-11-26T09:37:33+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnalunsam.id/index.php/jensi/article/view/939 Pengaruh Serviscape terhadap Kepuasan Konsumen di D’Barista Coffee Langsa 2018-11-26T09:54:33+00:00 Dewi Rosa Indah dewirosaindah@unsam.ac.id Zenitha Maulida zenitha.abadi@gmail.com Mohd. Riski Amanda mohdriskiamanda@gmail.com <p align="justify">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Servicescape terhadap kepuasan konsumen D’barista Coffee langsa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 96 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi (R2) dan uji t. Hasil persamaan regresi diperoleh Y = 1,869 + 0,585X. Nilai konstanta adalah sebesar 1,869. Hal ini menunjukan besarnya nilai kepuasan konsumen yang tidak dipengaruhi oleh servicescape adalah sebesar 1,869. Koefisien Regresi servicescape diperoleh sebesar 0,585 memberikan arti bahwa servicescape berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen D’barista Coffee Langsa. Hal ini menunjukan bahwa dengan penambahan satu satuan servicescape maka akan terjadi peningkatan kepuasan konsumen sebesar 0,585 satuan. Nilai Koefisien Determinasi (R2) adalah sebesar 0,395 atau bila dipersentasekan adalah sebesar 39,5%. Hal ini menunjukkan variabel servicescape berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 39,5%, dan sisanya 60,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hipotesis yang menyatakan Servicescape berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen D’barista Coffee Langsa dapat diterima dengan hasil uji t yaitu thitung &gt; ttabel dengan nilai 7,829 &gt; 1,985 dan t sig &lt; 0,05 dengan nilai 0,000 &lt; 0,05.</p> 2018-11-26T09:40:18+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnalunsam.id/index.php/jensi/article/view/940 Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Menggunakan Du Pont System pada PT. Indosat, Tbk 2018-11-26T09:54:34+00:00 Meutia Dewi meutiadewi@unsam.ac.id <p align="justify"><em>Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kinerja keuangan&nbsp; PT. Indosat Tbk. tahun 2008-2017 dengan menggunakan metode du pont system. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data laporan keuangan tahun 2008-2017. Metode analisis data yang&nbsp; digunakan adalah metode analisis deskriptif. Dari analisis data yang dilakukan pada laporan keuangan sepuluh tahun terakhir dengan metode du pont system PT. Indosat Tbk. selama tahun 2008-2017 menunjukkan kinerja keuangan yang fluktuatif. Hal tersebut dapat dilihat dari keadaan return on equity yang fluktuatif selama sepuluh tahun terakhir. Return on equity yang fluktuatif ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu total cost yang meningkat dan tidak diimbangi dengan peningkatan net profit after tax, sehingga net profit margin mengalami fluktuasi. ketidakefisiensian juga terjadi pada sales yang meningkat namun tidak diimbangi dengan net profit after tax. Walaupun begitu tetapi total asset turn over mengalami peningkatan meskipun total aset mengalami fluktuasi</em></p> 2018-11-26T09:42:42+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnalunsam.id/index.php/jensi/article/view/941 Efektivitas Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di Gampong Beusa Seberang Kecamatan Peureulak Barat 2018-11-26T09:54:34+00:00 Safuridar Safuridar safuridar@unsam.ac.id Nurlaila Hanum nurlailahanum@unsam.ac.id <p align="justify"><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Gampong Beusa Seberang Kecamatan Peureulak Barat. Adapun yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah kepala keluarga masyarakat di Gampong Beusa Seberang Kecamatan Peureulak Barat dengan jumlah responden sebanyak 84 responden. Untuk mengetahui tingkat efektivitas program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, dilakukan dengan menganalisis data hasil pengukuran yang diperoleh dari tabel. Penentuan tingkat efektivitas diberi nilai rata-rata tertimbang dari masing-masing variabel. Setiap item pertanyaan penilaian diberi nilai penimbang yang sama, dengan asumsi tidak ada yang saling mendominasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai 4,2 atau berdasarkan berada pada interval 3,41-4,20&nbsp; dengan interpretasi efektif, dan dapat dinyatakan bahwa pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Gampong Beusa Seberang Kecamatan Peureulak Barat sudah efektif. Pembangunan di Gampong Beusa Seberang Kecamatan Peureulak Barat di antaranya adalah peningkatan kemampuan apartur desa berupa kemampuan administrasi, kemampuan dalam melayani masyarakat, pengerasan jalan antar dusun, pembuatan dan perbaikan parit di kanan dan kiri jalan. Kemudian pemberdayaan juga sudah dilakukan berupa pemberdayaan pemuda dan masyarakat kurang mampu yaitu pemberdayaan ekonomi. Selain itu juga sudah dilakukan perbaikan gizi bagi ibu hamil serta balita.</em></p> 2018-11-26T09:45:16+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnalunsam.id/index.php/jensi/article/view/942 Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Kaoy Kupie 2018-11-26T09:54:35+00:00 Riny Chandra rini.chandra@unsam.ac.id <p align="justify"><em>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari variabel daya tanggap, empati, dan bukti fisik baik secara parsial dan&nbsp; simultan terhadap loyalitas pelanggan pada Kaoy Kupie. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling. Pembuktian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t, uji f dan Koefisien Determinasi (R<sup>2</sup>) serta di hitung dengan menggunakan program SPSS versi 22.0.&nbsp; Dari hasil persamaan regresi diperoleh Y = -4,919 + 0,527 X1 + 0,155 X2 + 0,163 X3. Dari hasil uji t didapat bahwa secara parsial daya tanggap, empati dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Kaoy Kupie.&nbsp; Dan dari hasil uji f menunjukkan daya tanggap, empati dan bukti fisik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Kaoy Kupie, itu artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima.</em></p> 2018-11-26T09:47:35+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnalunsam.id/index.php/jensi/article/view/943 Pengaruh Laba dan Arus Kas Terhadap Kondisi Financial Distress Pada Perusahaan Non Bank Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2018-11-26T09:54:35+00:00 Fanny Nailufar fanny.nailufar@serambimekkah.ac.id Sufitrayati Sufitrayati sufitrayati@gmail.com Badaruddin Badaruddin badaruddin@gmail.com <p align="justify">Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh laba dan arus kas terhadap prediksi probabilitas kondisi <em>financial distress</em> pada seluruh perusahaan bukan bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diambil dari website <a href="http://www.idx.co.id">www.idx.co.id</a> sebanyak 21 perusahaan non perbankan sesuai kriteria dari penelitian ini. Data tersebut dianalisis dengan model regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laba dan arus kas memiliki pengaruh dalam memprediksi kondisi <em>financial distress</em> yang terjadi pada seluruh perusahaan bukan bank periode 2010-2014. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasio laba terhadap <em>Financial Distress</em> didasarkan pada nilai wald diperoleh sebesar 0,270 dengan signifikansi sebesar 0,604 dan nilai <em>chi square </em>sebesar 41.401 . Rasio arus kas terhadap <em>financial distress </em>didasarkan pada nilai Wald. Dalam hal ini diperoleh nilai Wald sebesar 7.976 dengan signifikansi sebesar 0,005. dan nilai <em>chi square </em>sebesar 41.401. Hal ini berarti bahwa penggunaan prediktor rasio laba dan rasio arus kas secara bersama- sama dapat menjelaskan terjadinya <em>financial distress </em>pada perusahaan</p> 2018-11-26T09:49:47+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnalunsam.id/index.php/jensi/article/view/944 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pemerintah Daerah Terhadap Peraturan Perundang-Undangan Dalam Penganggaran (Studi Pada Kabupaten/Kota Di Aceh) 2018-11-26T09:54:36+00:00 Fatmayanti Fatmayanti fatmayanti@gmail.com Hasan Basri hasanbasri@gmail.com Syukriy Abdullah syukriyabdullah@unsyiah.ac.id <p align="justify">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan pemerintah daerah terhadap peraturan perundang-undangan dalam penganggaran. Variabel bebas yang diuji dalam penelitian ini adalah besaran legislatif, besaran pendapatan daerah, dan opini BPK tahun sebelumnya. Variabel terikat diuji menggunakan belanja pendidikan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan hasil pemeriksaan keuangan atas laporan keuangan pemerintah Kabupaten dan Kota di Provinsi Aceh periode tahun 2014 dan 2015. Sampel penelitian sebanyak 23 kabupaten dan kota di Provinsi Aceh setiap tahunnya. Total sampel adalah 46 kabupaten dan kota dari 2 tahun pengamatan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa besaran legislatif (X<sub>1</sub>) hubungan yang ditunjuk oleh koefisien B untuk merespon besaran legislatif sebesar 0,476, 3 jenis pendapatan daerah (X2) yaitu Murni, perubahan dan realisasi dengan melihat taraf koefisien B. Hubungan yang ditunjuk oleh koefisien B untuk merespon ketiga jenis pendapatan daerah tersebut masing-masing sebesar 0,070, -0,806, dan 0,763, serta opini BPK Tahun sebelumnya (X3) berdasarkan koefisien B untuk merespon opini BPK sebesar 0,416, secara parsial berpengaruh positif terhadap kepatuhan peraturan perundang-undangan</p> 2018-11-26T09:53:45+00:00 ##submission.copyrightStatement##