Analisis Brand Strategy pada Perguruan Tinggi Swasta Islam di Kota Medan

Main Article Content

Efry Kurnia
Novi Aisha

Abstract

Perguruan tinggi swasta Islam yang ada di  Kota Medan merupakan perguruan tinggi yang selalu berusaha mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan berbagai model dan jenis sisitem pendidikan yang ditawarkan semakin membuat tingkat persaingan yang semakin kuat dan berbagai penerapan strategy yang dijalankan secara langsung membuat masyarakat memutuskan mana yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan yang umumnya pendidikan dengan dasar dan teknik yang berkualitas. Tujuan peneltian ini untuk mengetahui dan menganalisis brand strategy yang meliputi brand image, brand identity, religious value dan brand trust pada perguruan tinggi swasta islam yang ada di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi berganda dengan program SPSS 16.0. Menggunakan jumlah sampel 115 mahasiswa/i di beberapa perguruan tinggi swasta islam yang ada di Kota Medan sebagai responden. Sifat penelitian ini adalah deskriptif explanatory research. Hasil penelitian menunjukkan variabel brand strategy yaitu brand image, brand identity, religious value memiliki pengrauh positif dan signifikan terhadap variabel brand trust.


 

Article Details

How to Cite
Kurnia, E., & Aisha, N. (2018). Analisis Brand Strategy pada Perguruan Tinggi Swasta Islam di Kota Medan. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 10-23. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.754
Section
Articles

References

Aaker, David. 2000. Brand Leadership. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Alamsyah, Bunyamin. 2013. Manajemen Mutu. Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta. Jurnal Pendidikan Islam. UIN SGD. Vol.28. No.2
Asy‟arie, Musa.1999. Filsafat Islam Tentang Kebudayaan. Yogyakarta: Lembaga Studi Filsafat Islam
Deheshti, Mohammad, Javad Adabi Firouzjah, Hossein Alimohammadi. 2016. The Relationship between Brand Image and Brand Trust in Sporting Goods Consumers. Annals of Applied Sport Science. vol. 4, no. 3, pp. 27-34.
Delgado, E., Munuera, J.L. and Yague, M.J. 2003. Development and validation of a brand trust scale, International Journal of Market Research, Vol.45 No.1, pp. 35-54.
Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang. Undip
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Edisi V. BP UNDIP.
Fianto, Achmad Yanu Alif. 2012. Analisi Brand Strategy Pada Perguruan Tinggi Swasta Islam di Jawa Timur. SNASTI.
Gelder, S.V. 2005. Global Brand Strategy. London: Kogan Page.
Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. BPFE UNDIP. Semarang.
Halim, Beatrice Clementia, Diah D, dan Ritzky Karina M.R. Brahmana. 2014. Pengaruh Brand Identity Terhadap Timbulnya Brand Preference Dan Repurchase Intention Pada Merek Toyota. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol. 2, No. 1.
Hendrajati, Aditya. 2016. Pengaruh Brand Identity Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Image Dan Brand Trust Yamaha. Skripsi. (Download 02 Juni 2018) http://eprints.uny.ac.id.
Henslowe, P. 2008. Public Relations, A Practical Guide To The Basics. Kogan Page Ltd, USA.
Keller, K. L. 2003. Strategic brand management : building, measurement, and managing brand equity. New Jersey : Pearson Education, Inc.
Keller, Kevin Lane. 2008. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. 3rd Edition. Upper Saddle River New Jersey:Pearson Education, Inc.






Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2006. Marketing Management Twelfth Edition,
Kotler, Phillip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Jilid I. Erlangga. Jakarta.
Kusno, Fera, Amanda Raditya, dan Monika Kristanti. 2007. Analisa Hubungan Brand Strategy yang Dilakukan Goota Japanese Charcoal Grill and Café dan Brand Equity yang Sudah Diterima Konsumen. Jurnal Manajemen Perhotelan , Vol.3, No. 1, Maret : 43-56.
Lau, G. T., & Lee, S. H. 1999. Consumers trust in a brand and the link to brand loyalty. Journal of Market Focused Management.
Mamahit, Philius, Agus Supandi Soegoto, dan Willem Alfa Tumbuan. 2015. Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota All New Yaris Pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 15 No. 05
Muwafik Saleh. 2009. Bekerja dengan Hati Nurani. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Rangkuti, Freddy. 2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lutfi. 2014. Analisis Data. Edisi ke 3. USU Press Medan
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.
Tjiptono, Fandy. (2005). Prinsip & Dinamika Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: J & J Learning.