Pengaruh Persepsi Konsumen terhadap Kualitas Layanan dan Minat Beli di Kota Langsa (Ritel Tradisional vs Modern)

  • Tengku Putri Lindung Bulan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Samudra. Langsa, Aceh
  • Riny Chandra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Samudra. Langsa, Aceh
  • Suri Amilia Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Samudra. Langsa, Aceh
Keywords: Persepsi konsumen; kualitas layanan; minat beli.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi konsumen secara langsung terhadap kualitas layanan; (2) pengaruh persepsi konsumen secara langsung terhadap minat beli; (3) pengaruh kualitas layanan secara langsung terhadap minat beli; dan, (4) untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen secara tidak langsung terhadap minat beli melalui kualitas layanan, pada ritel tradisional dan modern di Kota Langsa. Jumlah sampel sebanyak 399 orang ditentukan melalui rumus Slovin, sementara pemilihan responden menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Metode analisis data menggunakan path analysis. Hasil penelitian membuktikan persepsi konsumen secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan; persepsi konsumen secara langsung berpengaruh signifikan terhadap minat beli; kualitas layanan secara langsung berpengaruh signifikan terhadap minat beli; dan, persepsi konsumen secara tidak langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli melalui kualitas layanan. Nilai koefisien determinasi bahwa 86,2% informasi yang terkandung dalam data dapat dijelaskan oleh model, namun masih terdapat, sedangkan sisanya dijelaskan oleh error dan variabel lainnya di luar model penelitian.

Published
2018-09-03
How to Cite
Lindung Bulan, T. P., Chandra, R., & Amilia, S. (2018). Pengaruh Persepsi Konsumen terhadap Kualitas Layanan dan Minat Beli di Kota Langsa (Ritel Tradisional vs Modern). Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 138-149. https://doi.org/10.33059/jseb.v9i2.762
Section
Articles