UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI MATERI PERMASALAHAN EKONOMI MELALUI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA KELAS X-6 SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

  • Tisara MS SMA Negeri I Krueng Barona Jaya, Kabupaten Aceh Besar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi materi permasalahan ekonomi melalui pelaksanaan pembelajaran
kooperatif tipe Group Investigatioa (GI). Adapun yang menjadi subjek penelitan ini adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Krueng
Barona Jaya tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 21 orang terdiri dari 9 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan proses penelitian dilakukan dalam dua kali pertemuan tiap siklus. Dan setiap siklus
diadakan refleksi terhadap proses pembelajaran dengan memperhatikan kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I, maka
perlu diadakan beberapa perbaikan pada siklus ke II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi,
menggunakan tes, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas
siswa, dan soal tes objektif. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada
siklus I, dari 21 orang siswa yang mengikuti tes hasil belajar, siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas jumlahnya 14 atau 66,67% dan
yang memperoleh nilai 65 ke bawah jumlahnya 7 orang atau 33,33 %, sedangkan pada siklus II dari 21 orang siswa yang mengikuti tes hasil
belajar, siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas jumlahnya menjadi 17 orang atau 80,95% dan yang memperoleh nilai 65 ke bawah
jumlahnya 4 orang atau 19,05%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi siswa kelas X-6
SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya pada materi masalah ekonomi dapat meningkat melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe
Group Investigation (GI).

Published
2018-06-25
How to Cite
MS, T. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI MATERI PERMASALAHAN EKONOMI MELALUI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA KELAS X-6 SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 3(2), 40-54. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/635