The PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE BERMEDIAKAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI ALJABAR KELAS VIII DI SMPM 12 LANGSA

  • Ari Anarti UNIVERSITAS SAMUDRA
Keywords: Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar, Geogebra

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMPM 12 Langsa pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat kesulitan siswa dalam mengerjakan soal aljabar yang berkaitan dengan konsep dan prinsip. Kesulitan yang dialami siswa terkait dengan konsep yaitu kesulitan dalam menentukan variabel dan konstanta, termasuk belum mengerti definisi dari variabel dan konstanta, dan kesulitan dalam menerapkan konsep pembagian pada aljabar. Sedangkan kesulitan yang dialami dalam hal prinsip yaitu penerapan prinsip penjumlahan pada bentuk aljabar, pengurangan pada bentuk aljabar, perkalian pada bentuk aljabar, menyederhanakan pecahan bentuk aljabar, memfaktorkan, dan menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan aljabar.

Published
2019-11-18
How to Cite
Anarti, A. (2019). The PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE BERMEDIAKAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI ALJABAR KELAS VIII DI SMPM 12 LANGSA. Jurnal Dimensi Matematika, 2(01), 34-49. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/JDM/article/view/1800