The ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SEGITIGA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Abstract
Kesulitan siswa yang sering terjadi adalah mengerjakan soal dalam bentuk cerita atau uraian. Model Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan dalam mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi segitiga melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) di SMP Negeri 1 Langsa tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase tahap memahami masalah yaitu 89.85%, termasuk kriteria sangat kuat, rata-rata persentase tahap merencanakan penyelesaian yaitu 86.24% termasuk kriteria sangat kuat, rata-rata persentase tahap melaksanakan rencana penyelesaian yaitu 64.99% termasuk kriteria kuat rata-rata persentase tahap melihat kembali proses dan hasil yaitu 57.85% termasuk kriteria cukup. Berdasarkan tahapan polya yaitu siswa berkemampuan tinggi sebagian besar sudah mampu menuliskan pada tiap-tiap tahapan polya dengan baik dan juga sudah mampu menuliskan penyelesaian dalam perhitungan sesuai dengan apa yang diminta dari soal, siswa berkemampuan sedang sebagian besar sudah mampu menuliskan dengan baik tetapi masi sering terjadi kesalaha dalam penyelesaian perhitungan yang dilakukkan oleh siswa dan siswa berkemampuan rendah hanya sebagian kecil yang sudah menuliskanya dengan baik ada juga siswa yang tidak menuliskan apa pun sama sekali dan salah dalam menuliskan penyelesaian dalam bentuk perhitungan.