Pengaruh Saintific Approach dengan Menggunakan Alat Peraga Bloker Terhadap Hasil Belajar dan Karakter Kemandirian Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Langsa

  • M.Zaki, Saiman, & Nofriani universitas samudra

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh Saintific Approach dengan menggunakan alat peraga Bloker terhadap hasil belajar dan karakter kemandirian siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Langsa. Peneliti menggunakan metode eksperimen semu karena hanya menggunakan satu kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar angket kemandirian siswa. Pengolahan data hasil belajar dengan menggunakan analisis statistik inferensia. Sedangkan angket kemandirian siswa dengan rumus persentase dan dilanjutkan klasifikasi berdasarkan kriteria kemandriannya. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh bahwa Ha diterima. Artinya implementasi Saintific Approach dengan  menggunakan alat peraga Bloker dapat mempengaruhi hasil belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Langsa. Adapun Skor rata-rata angket respon kemandirian belajar siswa didapatkan 43,14 % berada pada kriteria cukup mandiri. Jadi, Implementasi Saintific Approach dengan  menggunakan alat peraga Bloker dapat karakter kemandirian Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Langsa.

Key words: saintific approach, Bloker.

Published
2019-12-02
How to Cite
Nofriani, M. S. &. (2019). Pengaruh Saintific Approach dengan Menggunakan Alat Peraga Bloker Terhadap Hasil Belajar dan Karakter Kemandirian Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Langsa. Jurnal Dimensi Matematika, 2(01), 87-93. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/JDM/article/view/1897