PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION BERMEDIAKAN SOFLWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

  • Putri S universitas samudra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi integral yang diajarkan dengan model Group Investigation bermediakan Software Autograph. Jenis penelitian ini adalah eksperimen satu kelas dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini diambil di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Langsa yang berjumlah 34 siswa yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen lembar tes kemampuan penalaran matematis siswa dan instrumen rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (thit = 14,67 > ttab(0,05;33) = 2,03) pada taraf signifikan 5%, artinya terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI MIA 1 di SMA Negeri 1 Langsa yang diajarkan dengan model group investigation bermediakan software autograph.

Published
2020-12-10