PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA MATERI TRANSFORMASI FUNGSI DAN INVERS FUNGSI

  • Wikan .L. U Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Nyoman .I. A Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Deshinta A, A Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Keywords: Media pembelajaran, Instagram, Transformasi Fungsi dan Invers Fungsi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan media sosial Instagram dan mengetahui kelayakannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang melalui 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Uji coba produk dilakukan pada uji coba lapangan utama di kelas XII MIPA 2 dengan jumlah 31 peserta didik SMA Negeri 1 Ngemplak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berupa video pembelajaran yang di upload di akun Instagram @matematikia.asik. Berdasarkan penilaian validator Instagram pembelajaran dikategorikan valid dengan hasil validasi media dan materi diperoleh skor rata- rata 3,93, angket repon peserta didik dengan hasil skor rata- rata sebesar 3,55 dalam kategori baik sehingga, media pembelajaran berbasis media sosial Instagram layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Published
2020-12-10