PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

  • Mustafa Mustafa Universitas Pembangunan Pancabudi
Keywords: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) validitas LKS berbasis PMR yang dikembangkan; 2) kepraktisan LKS berbasis PMR yang dikembangkan, 3) efektivitas LKS berbasis PMR yang dikembangkan; 4) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA dengan menggunakan LKS berbasis PMR yang dikembangkan.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan Dick and Carey yang terdiri dari 10 tahap.  Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam Plus Adzkia Medan.  Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah LKS SMA Kelas X beorientasi pembelajaran matematika berbasis PMR yang dikembangkan.  Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria valid; 2) LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis, kepraktisan ditinjau dari : a) penilaian validator; dan b) keterlaksanaan perangkat yang digunakan; 3) LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif, efektivitas ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) respon positif siswa; serta 4) terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa hingga kategori sedang.

Published
2021-09-27
How to Cite
Mustafa, M. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Jurnal Dimensi Matematika, 4(01), 270-283. https://doi.org/10.33059/jdm.v4i01.3955