IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING BERMEDIAKAN PAPAN STATISTIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model Problem Posing Tipe Post Solution Posing bermediakan Papan Statistika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian The One-Group Prestest-Posttest Design. Sampel penelitian di kelas VIII-3 SMP Negeri 6 Langsa yang berjumlah 23 siswa tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (thit = 9,95 > ttabel (0,05;22) = 2,07) pada taraf signifikan 5%, artinya terdapat peningkatan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model Problem Posing Tipe Post Solution Posing bermediakan Papan Statistika.