IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 LANGSA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 Langsa setelah diimplementasikan model pembelajaran creative problem solving (CPS). Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian The One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian adalah kelas VII-C SMP Negeri 1 Langsa, berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pre-test dan post-test. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh thitung = 9,42 ˃ = 2,059 maka disimpulkan menolak dan menerima artinya pada nilai signifikan α = 0,05 bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 Langsa setelah diimplementasikan model pembelajaran creative problem solving (CPS).