IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 LANGSA

  • Megawati Y Universitas Samudra
  • sofiyan
Keywords: Creative Problem Solving (CPS), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 Langsa setelah diimplementasikan model pembelajaran creative problem solving (CPS). Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian The One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian adalah kelas VII-C SMP Negeri 1 Langsa, berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pre-test dan post-test. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh thitung = 9,42 ˃ = 2,059 maka disimpulkan menolak dan menerima artinya pada nilai signifikan α = 0,05 bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 Langsa setelah diimplementasikan model pembelajaran creative problem solving (CPS).

Published
2021-12-06
How to Cite
Y, M., & sofiyan. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 LANGSA. Jurnal Dimensi Matematika, 4(02), 309-315. https://doi.org/10.33059/jdm.v4i02.4510