HUBUNGAN KECEMASAN MATEMATIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 2 LANGSA PADA MATERI BILANGAN BULAT

  • Milda Adellia UNIVERSITAS SAMUDRA

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Namun pada kenyataannya kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih belum bisa dikatakan baik. Salah satu yang menjadi faktor penyebab rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik adalah kecemasan matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecemasan matematis dan komunikasi matematis peserta  didik  kelas  XI  Man  2  Langsa.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kuantitatif dengan  metode  penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Man 2 Langsa dan sampelnya adalah 35 orang peserta didik dari jumlah 60 peserta didik kelas XI Man 2 Langsa. Instrumen penelitian menggunakan angket kecemasan matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan matematis memiliki hubungan signifikan dengan kemampuan komunikasi matematis. Hal ini diketahui dari nilai r = -0,381 dan p= 0,020 < 0,05, artinya terdapat hubungan signifikan yang negatif antara kecemasan matematis dengan kemampuan komunikasi matematis.   Semakin tinggi kecemasan matematis peserta didik maka semakin rendah kemampuan komunikasi matematis peserta didik, begitu pula sebaliknya semakin rendah kecemasan matematis peserta didik maka semakin tinggi kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Published
2022-08-30
How to Cite
Adellia, M. (2022). HUBUNGAN KECEMASAN MATEMATIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 2 LANGSA PADA MATERI BILANGAN BULAT. Jurnal Dimensi Matematika, 5(01), 414-421. https://doi.org/10.33059/jdm.v5i01.6127