PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA SMP AR-RAHMAN PERCUT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

  • Riska Rahayu MTsN 4 Langkat

Abstract

The aim of this study were to know (1) improved the abilities of students'  mathematical communication who are taught by cooperative learning type STAD and who are taught by direct instruction and (2) interaction between student's mathematical initial abilities and learning models to improvement the abilities of students' mathematical communication. The type of research used in this study was quasi experimental with design of non-equivalent control group. The population in this study consisted of all students of grade VII SMP Ar-Rahman Percut amounting to 150 students, while the sample consisted of 30 students in class VII-B and 30 students in class VII-C. The research instruments used in this study were test of mathematical initial ability, pretest and posttest of mathematical communication ability, as well pretest and posttest of mathematical problem solving ability. Statistical hypothesis testing in this study using formula of ANOVA Two Way. The results showed that (1) improved the abilities of students' mathematical communication who are taught by cooperative learning type STAD higher than who are taught by direct instruction and (2) there was no interaction between student's mathematical initial abilities and learning models to improvement the abilities of students' mathematical communication.

References

Atun, I. 2009. Pembelajaran Matematika dengan Strategi Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, Nomor 12, Oktober 2009, P. 7, 10, (Online),
(http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_12-Oktober_2009/PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_DENGAN_STRATEGI_KOOPERATIF_TIPE_STUDENT_TEAMS_ACHIEVEMENT_DIVISIONS_UNTUK_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_KOMUNIKASI_MATEMATIK_SISWA.pdf, diakses 4 Desember 2013).

Bagus, A. 2006. Pembelajaran dalam Kelompok Kecil dengan Teknik Probing dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa SMP (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas II SMP Negeri 2 Ngamprah). Tesis Tidak Diterbitkan. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Handayani, R. N. L. W. dan Murwaningtyas, C. E. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas VII A SMP Kanisius Kalasan Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012-2013. Prosiding, ISBN: 978-979-16353-8-7, P. 762, 769, (Online),
(eprints.uny.ac.id/10093/1/P%20-%2081.pdf‎, diakses 4 Desember 2013).

Hidayati. 2008. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Pokok Aljabar dan Aritmatika Sosial di Kelas 7C SMPN I Pringsurat Tahun Pelajaran 2008/2009. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2008, P. 181, 185, (Online),
(eprints.uny.ac.id/6924/1/P-15%20Pendidikan(Hidayati).pdf, diakses 22 Pebruari 2013).

Indriati, Hartono, Y., dan Hiltrimartin, C. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Soal-soal Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, No.1, Juni 2009, P. 51, (Online),
(eprints.unsri.ac.id/463/2/cecil3.pdf, diakses 4 April 2013).

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Murni. A., Nurul, Y. T., dan Solfitri, T. 2010. Penerapan Metode Belajar Aktif Tipe Group to Group Exchange (GGE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa X IPS 1 MAN 2 Model Pekanbaru. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 11, No. 2, Oktober 2010, P. 2, (Online),
(jurnal.upi.edu/file/1-Atma_Murni.pdf, diakses 19 Maret 2013).

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.




Nida, J. 2011. Penerapan Pembelajaran Koopratif Tipe STAD (Student Teams Achievment Divisions) dalam Meningkatkan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang. Tesis Universitas Pendidikan Indonesia, (Online),
(http://a-research.upi.edu/tesisview.php?no_tesis=568, diakses 26 Pebruari 2014).

Putri, H. E. 2006. Pembelajaran Kontekstual dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematik Siswa SMP (Penelitian Eksperimen di SMP Negeri 3 Tanjungpandan Kabupaten Belitung Kepulauan Bangka Belitung). Tesis Tidak Diterbitkan. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Qohar, A. 2010. Mengembangkan Kemampuan Pemahaman, Koneksi dan Komunikasi Matematis serta Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Reciprocal Teaching. Disertasi Universitas Pendidikan Indonesia, (Online), (http://repository.upi.edu/1084/, diakses 27 Pebruari 2014).

Setyono, A. 2010. Mathemagics. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Shadiq, F. 2008. Logika Matematika dan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika SMA. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Tedi, R. 2012. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Disertai Tugas Bentuk Superitem. Tesis Universitas Pendidikan Indonesia, (Online),
(http://a-research.upi.edu/tesisview.php?no_tesis=2110, diakses 26 Pebruari 2014).

Trianto. 2010. Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Utomo, D. P. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif: Teori yang Mendasari dan Prakteknya dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. UMM Scientific Journal, Pebruari 2012, P. 2, 4, (Online),
(http://ejournal.umm.ac.id/index.php/penmath/article/viewFile/583/602_umm_scientific_journal.pdf, diakses 22 Pebruari 2013).

Widdiharto, R. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remedinya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Widhy, W. 2012. Penerapan Strategi Belajar Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) pada Pembelajaran Matematika Kelas II di MAN Magelang: Studi Ekperimen untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah bagi Siswa Berkemampuan Unggul pada Pokok Bahasan Program Linier. Tesis Universitas Pendidikan Indonesia, (Online), (http://digilib.upi.edu/digitalview.php?digital_id=245, diakses 5 Desember 2013).

Yuniawatika. 2011. Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi React untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar (Studi Kuasi Eksperimen di Kelas V Sekolah Dasar Kota Cimahi). Jurnal, Edisi Khusus No. 2, Agustus 2011, ISSN 1412-565X, P. 109, (Online), (jurnal.upi.edu/file/12-Yuniawatika-EDIT.pdf, diakses 19 Maret 2013).
Published
2023-06-05
How to Cite
Rahayu, R. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA SMP AR-RAHMAN PERCUT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD). Jurnal Dimensi Matematika, 6(01), 11-19. https://doi.org/10.33059/jdm.v6i01.8882