Pengaruh Model Pembelajaran CIRC terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMPN 6 Karang Baru
Abstract
Penelitian ini yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMPN 6 Karang Baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran CRIC. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 6 Karang Baru yang berjumlah 32 siswa. Inistrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes dengan menggunakan naskah soal esai. Penilaian yang digunakan penelliti yaitu meliputi 4 aspek yaitu orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Peneliti menggunakan tes sebagai bentuk untuk mengumpulkan data. Kemudian data yang telah diperoleh dari hasil kerja pretest dan postes siswa kelas VII SMPN 6 Karang Baru. Dalam penelitian ini melakukan analisis menggunakan rumus statistik. Hasil yang didapatkan menunjukan rata-rata nilai pretest adalah 32,87 dan nilai postest adalah 71,125. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa metode ini mempunyai pengaruh. Hal ini berdasarkan dari uji hipotesis dengan taraf signifikan ɑ = 0,05, diperoleh thitung ≥ttabel 19,98 ≥ 2,750 dan yang berada dalam daerah tolak H0, Ha diterima. Dengan demikian H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembalajaran CIRC terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMPN 6 Karang Baru.