Jurnal Samudra Bahasa https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB <p align="justify">Jurnal Samudra Bahasa, nama tersebut dipilih sebagai upaya untuk tetap menjadikan keterampilan berbahasa sebagai landasan pengembangan ilmu pengetahuan. &nbsp;Jurnal ini memuat artikel tentang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya. Jurnal Samudra Bahasa diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra, Jurnal samudra ini terbit dua kali dalam setahun.&nbsp; Terbitan pertama pada tahun berjalan adalah bulan Januari dan terbitan kedua adalah bulan Juli. Setiap kali terbit, jurnal ini memuat tujuh artikel yang mengkaji dan membahas masalah pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, yang ditulis dalam bahasa Indonesia.</p> en-US jokohariadi@unsam.ac.id (Joko Hariadi, S.Pd., M.Pd.) muhammad.arif.fadhilah@unsam.ac.ic (Muhammad Arif Fadhilah) Mon, 27 Nov 2023 12:52:32 +0700 OJS 3.1.2.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISIS GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU RAFLY KANDE DALAM ALBUM ACEH KANDE https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/8988 <table> <tbody> <tr> <td width="616"> <p>Penelitian yang berjudul <em>Analisis Gaya Bahasa pada Lirik Lagu Rafly Kande dalam Album Aceh Kande</em> ini akan menganalisis gaya bahasa yang digunakan pengarang dalam lirik lagu Rafly <em>Kande</em> dalam album Aceh <em>Kande</em>. Adapun tujuan peneliti mendeskripsikan kemudian menganalisis dan membuat kesimpulan gaya bahasa apa saja yang terdapat pada lirik lagu Rafly <em>Kande</em> dalam album Aceh <em>Kande</em>. Teori yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu teori Chaer (1990), Keraf (2019), Sugiyono (2015). Data pada penelitian ini peneliti ambil dari lirik lagu Rafly <em>Kande</em> dalam album Aceh <em>Kande</em> yang berjumlah 8 lagu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deksriptif. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumen.Teknik analisis data dimulai dari mengklasifikasikan lirik-lirik lagu yang mengandung gaya bahasa dalam bentuk tabel. Menganalisis gaya bahasa yang terdapat dalam lirik lagu album <em>Aceh kande</em> oleh <em>Rafly Kande.</em> Menginterpretasikan data dari hasil yang sudah didapat berdasarkan dari pemahaman penulis terhadap hasil analisis data. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan terdapat 10 jenis gaya bahasa. Kemudian data yang berhasil dikumpulkan sebanyak&nbsp; 40 gaya bahasa, yang terdiri dari gaya bahasa aliterasi 3, eufemisme 4, prolepsis 3, perumpamaan atau simile 4, alegori 2, eponim 1, satire 9, hiperbola 2, metonimia 7, asonansi 5. Gaya bahasa yang paling sedikit yaitu gaya bahasa eponim sedangkan yang paling dominan adalah gaya bahasa satire.</p> </td> </tr> </tbody> </table> Cut Farida, Muhammad Yakob, Prima Nucifera Copyright (c) 2023 Jurnal Samudra Bahasa https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/8988 Mon, 27 Nov 2023 10:42:01 +0700 KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 LANGSA MENULIS TEKS DESKRIPSI https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/8989 <table> <tbody> <tr> <td width="616"> <p>Studi ini bermaksud membahas tentang kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi, Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan siswa dalam menulis deskripsi, “Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII SMPN 11 Langsa Menulis Teks Deskripsi. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan, mengetahui kemampuan yang dimiliki siswa kelas VII SMPN 11 Langsa. Populasi penelitian, adalah seluruh siswa yang berjumlah 77 orang, dan sampel menggunakan teori apabila jumlah subyeknya kurang dari 100, maka lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi, tetapi apabila jumlahnya lebih besar maka diambil sebanyak 10-15%&nbsp; atau 20-25 % atau lebih. Dikarenakan jumlah subjek populasi&nbsp; penelitian ini kurang dari 100, maka dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah keseluruhan populasi.Sampel yang diambil dari penelitian ini berjumlah 77, Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yaitu memberikan salah satu topik teks deskripsi (a)Lingkungan Tempat Tinggal(b)Lingkungan Sekolah.(c)Hutan LindungMangrove Langsa,&nbsp; kemudian siswa diberikan tugas untuk menulis dan memilih tema yang telah diberikan. berdasarkan struktur. Teknik pengumpulan data digunakan teknik tes berupa menulis dengan memberikan tema kepada siswa.Teknik analisis data yaitu menggunakan rumus mean untuk mencari nilai rata-rata. Struktur (a)Aspek menentukan isi atau gagasan yang dikemukakan yaitumendapatkan skor baik siswa harus memperoleh skor dari 11-15, dan siswa yang memperoleh dari 5-10 mendapatkan nilai cukup. (b)Skor dari 16-20, dan siswa yang memperoleh dari 5-10 mendapatkan nilai cukup. (c)mendapatkan skor 11-15 dengan kriteria baik.(d)Kriteria cukup dengan skor 5-10(e)skor kriteria sangat baik 16-20.</p> </td> </tr> </tbody> </table> Ira Muliati, Muhammad Taufik Hidayat, Muhammad Arif Fadhilah Copyright (c) 2023 Jurnal Samudra Bahasa https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/8989 Mon, 27 Nov 2023 10:49:37 +0700 ANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK DALAM NASKAH DRAMA KOMUNITAS SENI RAJUT "BERTAHAN" KARYA ARDIANSYAH ABDULLAH https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/8990 <table> <tbody> <tr> <td width="616"> <p>Penelitian ini mendeskripsikan Unsur- Unsur Intrinsik dalam Naskah Drama Komunitas Seni Rajut “Bertahan” Karya Ardiansyah Abdullah. Propaganda dan berita-berita hoaks yang beredar dilingkungan sekitar kita, yang membuat masyarakat mudah terpengaruh, bermusuhan dan terpecah belah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks naskah drama “Bertahan” karya Ardiansyah Abdullah yang berjumlah 32 halaman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan membaca setiap teks dari naskah drama menganalisis, menyeleksi, memfokuskan, dan memilih secara selektif unsur instriksik, mengoreksi, menandai, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, tema pada penelitian ini adalah propaganda berita-berita hoaks, tokoh pada penelitian ini yaitu Kakek dan Udin, penokohan pada penelitian ini kakek digambarkan sebagai pribadi yang baik, peduli dan bijaksana. Sedangkan Udin digambarkan sebagai tokoh yang kurang peduli dan tidak sopan. Alur dalam penelitian ini adalah maju mundur, karena cerita dalam penelitian ini menceritakan suasana sekarang dan masa lalu. Latar dalam penelitian ini yaitu pada sebuah gubuk. Gaya bahasa penelitian ini menggunakan majas metafora, personifikasi, sarkasme, simile, retorika. Kesimpulan penelitian ini yaitu jangan mudah terpengaruh dengan berita-berita hoaks yang beredar dimasyarakat karena belum tentu kebenarannya dan dapat memecah belah masyarakat.</p> </td> </tr> </tbody> </table> Muhammad Kamal, Joko Hariadi, Desy Irafadillah Effendi Copyright (c) 2023 Jurnal Samudra Bahasa https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/8990 Mon, 27 Nov 2023 11:02:12 +0700 GAYA BAHASA PERTENTANGAN PADA KUTIPAN BOY CANDRA DI INSTAGRAM https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/8992 <table> <tbody> <tr> <td width="616"> <p>Penelitian ini membahas tentang Gaya Bahasa Pertentangan Pada Kutipan Kata Boy Candra Di <em>Instagram</em>. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kutipan kata Boy Candra di <em>instagram. </em>Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi yang dipadukan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data terdapat beberapa langkah-langkah penganalisisan dalam data ini, yang pertama data diklasifikasikan antara gaya bahasa pertentangan dan yang&nbsp; bukan termasuk gaya bahasa bahasa pertentangan, menganalisis kutipan kata yang termasuk kedalam gaya bahasa pertentangan yang digunakan Boy Candra, menentukan jenis-jenis gaya bahasa pertentangan dalam akun kutipan kata Boy Candra di <em>instagram</em>. Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat 5 jenis gaya bahasa pertentangan dalam kutipan kata Boy Candra di <em>instagram. </em>Gaya bahasa pertentangan jenis litotes terdapat (3) paradoks terdapat (5) antithesis terdapat (5) oksimoron terdapat (6) dan okupasi terdapat (11). Saran dalam penelitian ini agar menambah wawasan dan pengetahuan dalam bidang Pendidikan Bahasa Indonesia, untuk meningkatkan pengajaran Bahasa Indonesia khusunya Gaya Bahasa, dan sebagai bahan bacaan serta informasi dalam mengkaji nilai-nilai patriotism sewaktu melaksanakan penelitian.</p> </td> </tr> </tbody> </table> Sintia Rahmawati, Joko Hariadi, Prima Nucifera Copyright (c) 2023 Jurnal Samudra Bahasa https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/8992 Mon, 27 Nov 2023 12:02:48 +0700 ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI WACANA BERITA DI KOLOM DROE KEU DROE SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/8994 <table> <tbody> <tr> <td width="616"> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan jenis kohesi dan koherensi pada wacana berita di kolom Droe Keu Droe surat kabar Serambi Indonesia tahun 2018-2019. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode agih (Sudaryanto, dalam Aisah, dkk.:2017). Instrumen penelitian ini ialah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak, teknik agih, dan teknik metode informal. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa 1)&nbsp; dari 10 wacana berita di kolom Droe Keu Droe, terdapat piranti yang membentuk kohesi gramatikal anatara lain: (1) referensi, (2) substitusi, (3) elipsis, dan (4) konjungsi. Piranti yang membentuk kohesi leksikal antara lain: (1) repitisi, (2) sinonimi, (3) antonimi, (4) hponimi, (5) ekuivalensi. Berdasarkan frekuensi kemunculan, kohesi gramatikal referensi demonstratif umum memiliki data terbanyak yaitu 39 kohesi, kohesi gramatikal dalam konjungsi koordinatif sebanyak 37 kohesi, kohesi gramatikal dalam referensi persona I tunggal sebanyak 35 kohesi. 2) koherensi yang ditemukan pada kolom Droe Keu Droe surat kabar Serambi Indonesia tahun 2018-2019 menggunakan koherensi berpenanda dan tidak berpenanda. Piranti pembentuk koherensi berpenanda meliputi: (1) koherensi intensitas, (2) koherensi kausalitas, (3) koherensi kontras, (4) koherensi aditif, (5) koherensi kronologis, dan (6) koherensi perurutan. Piranti pembentuk koherensi tidak berpenanda meliputi: (1) perincian, (2) perian, dan (3) koherensi wacana diaog. Berdasarkan frekuensi kemunculan, koherensi berpananda intensitas memiliki data terbanyak 4 koherensi. Koherensi berpenanda kausalitas dan kronologis memiliki data yang sama yakni 2 koherensi</p> </td> </tr> </tbody> </table> Mayang Kumala OK, Muhammad Taufik Hidayat, Azrul Rizki Copyright (c) 2023 Jurnal Samudra Bahasa https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/8994 Mon, 27 Nov 2023 12:37:52 +0700 KEMAMPUAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LANGSA MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DAN ISI YANG TERKANDUNG DALAM HIKAYAT https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/8995 <table> <tbody> <tr> <td width="616"> <p><em>Penelitian ini membahas tentang kemampuan siswa kelas&nbsp; X SMK Negeri 1 Langsa mengidentifikasi nilai – nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat. Masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa kelas X SMK Negeri 1 Langsa mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas X mengidentifikasi nilai – nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Langsa. Sampel pada penelitian ini adalah 140 siswa dari 229 populasi siswa yang ada di kelas X SMK Negeri 1 Langsa. Instrumen penelitian yang peneliti gunakan adalah tes dengan bentuk naskah soal pilihan berganda berserta teks hikayat di dalamnya. Penilaian yang peneliti gunakan meliputi 10 aspek, yaitu (1) Aspek menentukan nilai agama, (2) Aspek menentukan nilai sosial, (3) Aspek menentukan nilai budaya, (4) Aspek menentukan nilai moral, (5) Aspek menentukan nilai edukasi, (6) Aspek menentukan tema, (7) Aspek menentukan latar, (8) Aspek menentukan penokohan, (9) Aspek menentukan alur, (10) Aspek menentukan sudut pandang. Nilai rata – rata kemampuan siswa kelas X mengidentifikasi nilai – nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat adalah 67,5 nilai tersebut termasuk ke dalam kategori cukup.</em></p> </td> </tr> </tbody> </table> Tika Parlupi, Muhammad Taufik Hidayat, Muhammad Arif Fadhilah Copyright (c) 2023 Jurnal Samudra Bahasa https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/8995 Mon, 27 Nov 2023 12:49:51 +0700