Pengelolaan Sistem Dusung Di Negeri Laha Kecamatan Telutih Kabupaten Maluku Tengah

  • Falen J. Sitaniapessy Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura Ambon
Keywords: Dusung; pengelolaan, sistem

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan  sisttem dusung di Negri Laha Kecamatan Telutih  Kabupaten  Maluku Tengah. Penentuan sampel dilakukan secara sengaja (purposive sampling) dimana sampel yang diambil berdasarkan jumlah pemilik dusung. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer menggunakan metode wawancara secara langsung dengan responden, melakukan observasi atau pengamatan langsung dilapangan dan dokumentasi berupa setiap kegiatan yang akan dilakukan dilokasi penelitian.Sementara data sekunder dilakukan pada kantor atau instansi terkait guna mengumpulkan informasi yang lebih detail untuk menunjang data primer yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa sistem pengelolaan dusung yang diterapkan masyarakat Negri Laha adalah sistem pengelolaan secara pribadi dan pengelolaan dusung secara mata rumah.Pengelolaan dusung yang dilakukan masyarakat Negri Laha lebih mendominasi pada sistem pengelolaan secara pribadi yaitu sebanyak 20 responden dan sistem pengelolaan secara mata rumah sebanyak 10 responden.  Tahap pengelolaan dusung yang ada di Negri Laha dimulai dari  persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan, pemanenan sampai pasca panen.

References

Amin dkk. 2016. Jenis Agroforestry dan Orientasi Pemanfaatan Lahan di Desa Simoro Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi. Jurnal Warta Rimba. Vol 4(1) : 97-104.
BKKBN. 1998. Buku Pegangan untuk Petugas Lapangan Mengenai Reproduksi Sehat. Jakarta : BKKBN
BPS. 2018. Maluku Dalam Angka 2018.
Hernanto, F.2007. Ilmu UsahaTani. Jakarta: Penebar Swadaya.
Latue, A. Y., Pattinama, M. J., Lawalata, M. 2019. Sistem Pengelolaan Agroforestry Di Negeri Riring Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat. AGRILAN : Jurnal Agribisnis Kepulauan. 6(3): 212-230.
Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metedologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Oszaer, R. 1996. Sistem Agroferstry. Makalah di Sampingkan pada Lokakarya Wanita dalam Sains dan Teknologi Universitas Pattimura Ambon.
Pattinama, M. J. 2014. Resource Potential Of Sanake Fruit (Salac cazalac cavar Amboinensis) And Canary (Canriu Amboinensis) In The Life Of Seram
Island Society Moluccas, Diakses 24 Juni 2020.
Sedarmayanti, 2003. Good governance: dalam rangka otonomi daerah upaya membangun organisasi efektif dan efisien melalui rekstruriasi dan pemberdayaan. Mandarmaju, Bandung.
Wattimena, G. A. Dan Papilaya E. 2005. Sistem Agroforestry di Maluku.
Jurnal Agroforestry. 8(4):245.
Wattimena, J. J., Pattinama, M. J., Sopamena, J.F. 2018. Nilai Sosial Ekonomi Dusung di Negri Porto Kecamatan Saparua Kabupaten Maluku Tengah. AGRILAN : Jurnal Agribisnis Kepulauan. 6(2):155-170
Published
2021-07-03
How to Cite
Sitaniapessy, F. J. (2021). Pengelolaan Sistem Dusung Di Negeri Laha Kecamatan Telutih Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Penelitian Agrisamudra, 8(1), 1-9. https://doi.org/10.33059/jpas.v8i1.3703