Desain Media Penyuluhan Pertanian Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Penyuluhan Pertanian Berbasis Teknologi Komunikasi Di Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin

  • Rahidin H. Anang Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
Keywords: Penyuluhan Pertanian, Desain Media, dan Kendala Penyuluh

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui standar yang digunakan penyuluh pertanian dalam menentukan desain media penyuluhan pertanian di Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi penyuluh pertanian dalam menentukan standar desain media penyuluhan pertanian Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin pada bulan November sampai dengan Januari 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini instrument Nonprobability Sampling dengan tehnik purposive sampling. Purposive Sampling yaitu pengambilan narasumber secara sengaja. Narasumber yang dimaksud dalam penelitian ini adalah penyuluh pertanian di Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara (indepth interview), observasi partisipasi dan dokumentasi. Metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semenjak masa pandemi covid-19 penyuluh pertanian di Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin memanfaatkan media sosial yaitu whatsapp sebagai media untuk menyampaikan materi maupun informasi penyuluhan pertanian kepada petani, standar yang digunakan penyuluh pertanian dalam menentukan desain media penyuluhan pertanian di Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin adalah sesuai dengan programa penyuluh pertanian, sesuai kebutuhan petani, jaringan internet (sinyal), dan cuaca, kendala yang dihadapi penyuluh pertanian dalam menentukan standar desain media penyuluhan pertanian di Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin yaitu keterbatasan menyerap aspirasi masyarakat pada masa pandemi, tidak semua petani bisa membaca, petani lebih memilih dan mudah mengerti apabila materi yang disampaikan dengan cara praktek langsung dilapangan, tidak semua petani bisa menggunakan media informasi seperti whatsapp dan zoom meeting, dan cuaca buruk, karna saat musim penghujan jaringan internet sangat sulit diakses kemudian akses jalan akan sulit saat musim penghujan sehingga tidak memungkinkan untuk melaksanakan kunjungan individu.

 

References

Anang, R. 1995. Studi Sistem Latihan dan Kunjungan (LAKU) Dalam Penyuluhan Pertanian Di WKBPP Tugumulyo (Studi Kasus di BPP Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan). Tesis Program Studi Ekonomi Pertanian Jurusan Ilmu-Ilmu Pertanian Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya (tidak dipublikasikan).
Astutik, T. 2019. Studi Media yang Efektif Dalam Penyampaian Materi Penyuluhan Pertanian di Kabupaten Banyuasin. Skripsi Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang (tidak dipublikasikan).
Djamara. S.B. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasin: Rineka Cipta.
Fahrianoor, Suprapto. 2004. Komunikasi Penyuluhan Dalam Teori dan Praktek. (http://opac.lib.unlam.ac.id/id/opac/detail.php?q1=302&q2=SUP&q3=K&q4=979-98798-2-5, diakses 16 November 2021)
Indraningsih, Kurnia S. 2021. Penyuluh Pertanian Dalam Upaya Pemberdayaan Petani Pada Era Pandemi Covid-19. (https://pse.litbang.pertanian.go.id/idn/pdffiles/30-BBRC-2020-IV-2-4-KSI.pdf, dialses 10 November 2021)
Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. 2020. Survei Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia Bagian Penting dari Transformasi Digital, (https://www.kominfo.go.id/content/detail/30653/dirjen-ppi-survei-penetras-pengguna-internet-di-indonesia-bagian-penting-dari-transformasi-digital/0/berita_satker, diakses 30 Oktober 2021)
Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia. Nomor: 67 /Permentan/ SM.050/12/2016. Tentang Kelembagaan petani.
Mulyani, E.S, Suryantini, H, dan Setyorini, E. Persepsi Penyuluh Pertanian terhadap Warta Litbang Pertanian dan Pemanfaatannya. Jurnal Perpustakaan Pertanian.
Setiana, L. 2005. Tehnik Penyuluhan dan Pemberdayaan Mayarakat. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif Dan R&D. Jakarta: Alfabeta
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Alfabeta
Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006. Tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan.
Published
2022-06-16
How to Cite
H. Anang, R. (2022). Desain Media Penyuluhan Pertanian Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Penyuluhan Pertanian Berbasis Teknologi Komunikasi Di Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin . Jurnal Penelitian Agrisamudra, 9(1), 34-44. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jagris/article/view/7131