Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Tema 8 Kelas IV SDN 14 Rantau Batu Ambacang

  • Lusi Anggraini Universitas Samudra
  • Nelly Astimar
Keywords: Model Problem Based Learning, hasil belajar, pembelajaran tematik terpadu

Abstract

Penelitian ini ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil pengamatan yang ditemukan di sekolah, yaitu rancangan pembelajaran yang belum sesuai, proses pembelajaran yang belum berpusat pada siswa atau student centered, dan hasil belajar yang belum sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SDN 14 Rantau Batu Ambacang yang berjumlah 23 orang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengematan dan refleksi. Hasil pengamatan RPP pada siklus I pertemuan I memperoleh presentase 83,33% (B), lalu pada siklus I pertemuan II memperoleh presentase 91,67% (A) dan meningkat pada siklus II menjadi 97,22% (A). Hasil pengamatan aspek guru memperoleh persentase 78,57% (C), lalu pada siklus I pertemuan II memperoleh persentase 92,86% (A) dan meningkat pada siklus II menjadi 96,43% (A). Hasil pengamatam aspek peserta didik memperoleh persentase 85,71% (B), lalu pada siklus I pertemuan II memperoleh persentase 92,68% (A) dan meningkat pada siklus II menjadi 96,43% (A). Hasil belajar tematik terpadu pada penelitian ini pada siklus I memperoleh rata-rata 79,02 meningkat pada siklus II menjadi 90,89. Dengan demikian,  pembelajaran  tematik  terpadu  dengan  model  Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada tematik terpadu kelas IV SDN 14 Rantau Batu Ambacang.

Published
2024-08-01