Pengembangan LKPD Tematik Terpadu Bebasis TASC Menggunakan Kinemaster di Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah lembaran-lembaran yang didalamnya berisi tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik yang didalamnya berisi petunjuk-petunjuk cara penggunaannya dengan mengacu pada Kompetensi Dasar yang ingin dicapai. Tujuan dilaksanakannya penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Tematik Terpadu menggunakan KineMaster berbasis TASC Di Kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitain yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D tahap I yaitu Define, tahap II yaitu Design, tahap III Develop, dan tahap IV yaitu Disseminate. Subjek Uji Coba pada penelitian ini sebanyak 5 peserta didik kelas V di SDN 4 Toboh Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Agam. Hasil dari penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan diperoleh hasil validitas berdasarkan para ahli yaitu ahli materi mendapatkan skor 78,5% kategori valid, ahli bahasa mendapatkan 94,6% kategori valid, dan ahli media mendapatkan 92,5% kategori valid. Pada respon guru di SDN 4 Toboh memperoleh nilai 87,50%. Sedangkan respon siswa di SDN 4 Toboh memperoleh nilai 92,28% berkategori sangat praktis.