Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Write Around di Kelas IV SDN 10 Wedya Aia Tabik Kabupaten Agam
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di sekolah dasar bahwa pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SDN 10 Wedya Aia Tabik belum menggunakan model pembelajaran Inovatif, masih terlihat pemisahan antar muatan pembelajaran, kemampuan berfikir kritis peserta didik belum terlihat, peserta didik belum mampu menghargai pendapat temannya, kemampuan dan hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Kooperatif tipe Write Around di kelas IV SDN 10 Wedya Aia Tabik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta teknis pengumpulan data yaitu dokumen analisis, observasi dan tes. Subjek penelitian guru dan peserta didik kelas IV dengan jumlah peserta didik 13 orang, 6 perempuan dan 7 laki-laki. peneliti berperan sebagai praktisi serta guru kelas sebagai observer. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, perencanaan pembelajaran memperoleh rata-rata dari 82,95% (B) menjadi 93,18% (A), aktivitas guru dari 80,55% (B) menjadi 95,45% (A), aktivitas peserta didik dari 80,55% (B) menjadi 95,45% (A), dan rata-rata hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan yaitu 73 menjadi 90,1, serta pada aspek keterampilan memperoleh rata-rata 75,225 menjadi 87,15. Dengan demikian penelitian tindakan kelas dengan model Kooperatif tipe Write Around dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 10 Wedya Aia Tabik.