Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas V SD Negeri 01 Koto Tuo Kabupaten Lima Puluh Kota
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SD Negeri 01 Koto Tuo Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus melalui prosedur penelitian yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan peserta didk dengan jumlah 21 orang yang terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif dengan sumber data yaitu proses pembelajaran IPAS menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan tes dan non tes. Instrumen yang digunakan yaitu lembar lembar tes, dan non tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebagai berikut: (1) Aspek modul ajar siklus I pertemuan I memperoleh nilai rata-rata 79,16%, siklus I pertemuan II 91,66%, siklus II meningkat menjadi 95,83%, (2) Aspek guru siklus I pertemuan I memperoleh rata-rata 82,14%, siklus I pertemuan II 85,71%, siklus II meningkat menjadi 96,42%, (3) Aspek peserta didik siklus I pertemuan I dengan perolehan rata-rata 82,14%, siklus I pertemuan II 85,71%, dan pada siklus II meningkat menjadi 96,42%, (4) Hasil belajar siklus I pertemuan I diperoleh ratarata 68,75, siklus I pertemuan II 75,64, dan siklus II meningkat menjadi 89,45. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar