Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio pada Materi Menentukan Luas Berbagai Bentuk Bangun Datar serta Gabungannya di Sekolah Dasar

  • Meiliya Dini Lestari Universitas Negeri Padang
  • Yetti Ariani
Keywords: Media Pembelajaran, Autoplay Media Studio, Model ADDIE

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas kenyataan di Sekolah Dasar bahwa belum adanya pengembangan media pembelajaran yang valid dan praktis khususnya pada media pembelajran berbasis Autoplay Media Studio pada materi luas berbagai bentuk bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio pada materi luas berbagai bentuk bangun datar di kelas V Sekolah Dasar.

Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian Research & Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Proses penelitian menggunakan model ADDIE ini terdiri dari lima langkah yaitu: analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluastion). Media pembelajaran yang dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Kemudian subjek uji coba produk di SDN 17 Pakan Kurai dan Subjek penelitian produk di SDN 02 Aur Kuning untuk mengetahui praktikalitas media pembelajaran yang dikembangkan.

Hasil penelitian yang dikembangkan didapatkan hasil validitas Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio Materi Menentukan Luas Berbagai Bentuk Bangun Datar serta Gabungannya di Kelas V Sekolah Dasar dengan nilai validasi materi 90%, nilai validasi bahasa 90%, dan nilai validasi media 93% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji praktikalitas respon guru mendapat nilai rata-rata 94% dan respon peserta didik mendapat nilai rata-rata 94% dengan kategori sangat praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio Materi Menentukan Luas Berbagai Bentuk Bangun Datar serta Gabungannya di Kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis sebagai media pembelajaran.

Published
2024-08-14