Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Team Games Tournament (TGT) Di Kelas IV SDN 02 Sarilamak Kabupaten 50 Kota
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan di lapangan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik karena kurangnya aktivitas belajar yang melibatkan peserta didik dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat kepada guru, sehingga peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model Team Games Tournament (TGT).
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian yang diperoleh berkaitan dengan hasil pembelajaran model Team Games Tournament. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai pengamat atau observer, peneliti sebagai praktisi atau guru, dan peserta didik kelas IV SDN 02 Sarilamak Kabupaten 50 Kota yang berjumlah 20 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar siklus I diperoleh rata-rata 83,33% (B), meningkat pada siklus II 95,83% (SB). Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 78,56% (C), meningkat pada siklus II yaitu 96,42% (SB). Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 78,56% (C), meningkat pada siklus II 96,42% (SB). Hasil penilaian sikap siklus I diperoleh 11 peserta didik yang menonjol yaitu 6 orang bersikap positif dan 5 orang bersikap negatif, kemudian pada siklus II diperoleh 5 orang yang menonjol bersikap positif. Penilaian pengetahuan dan keterampilan siklus I diperoleh rata-rata 78,18 (C), meningkat pada siklus II yaitu 85 (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SDN 02 Sarilamak Kabupaten 50 Kota.