Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Model Konvensional pada Materi Bangun Datar di Kelas IV SDN 37 Kunpar

  • Adzra Rafidah Faizah Universitas Negeri Padang
  • Yullys Helsa Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari observasi yang telah dilakukan peneliti di SDN 37 Kunpar. Peneliti menemukan bahwasanya pembelajaran dengan model inovatif belum dilaksanakan secara maksimal, lebih banyak menggunakan model konvensional dalam pembelajaran, dan peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan model kooperatif tipe numbered head together (NHT) dengan model konvensional pada materi bangun datar di Kelas IV SDN 37 Kunpar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain penelitian quasy eksperimental bentuk nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari peserta didik kelas IV SDN 37 Kunpar. Pengambilan data sampel dilakukan dengan teknik total sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 37 Kunpar. Kelas IV.A SDN 37 Kunpar sebagai kelas eksperimen dan kelas IV.B SDN 37 Kunpar sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata kelas eksperimen 80,21 dengan standar deviasi 12,528 dan nilai rata-rata kelas kontrol 69,69 dengan standar deviasi 12,219. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,3436 > 1,6725 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan model kooperatif tipe numbered head together (NHT) dengan model konvensional pada materi bangun datar di Kelas IV SDN 37 Kunpar.

Published
2024-08-21