KEANEKARAGAMAN JENIS-JENIS PENYAKIT DAN CARA PENGENDALIANNYA DI PEMBIBITAN KELAPA SAWIT (Elaeis guinensis Jacq) PT. PERKEBUNAN NUSANTARA I LANGSA

  • Ferina Afriliya Univesitas Samudra

Abstract

Kelapa sawit merupakan salah satu tanaman perkebunan yang sangat diminati untuk dikelola dan ditanam dalam skala kecil oleh masyarakat maupun skala besar oleh perusahaan-perusahaan perkebunan seperti Afdeling V yang merupakan bagian dari PT. Perkebunan Nusantara I yang memiliki pembibitan kepala sawit terbesar di Kota Langsa, Aceh. Dewasa ini,  Ada beberapa permasalahan yang dihadapi dalam budidaya tanaman kelapa sawit, salah satunya  fluktuatifnya produksi yang disebabkan oleh faktor pemeliharaan seperti pemupukkan hingga adanya serangan hama dan penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis  penyakit yang menyerang bibit kelapa sawit dan cara penanggulangannya.

Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan cara menentukan kriteria-kriteria tertentu dari sampel. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan 4 jenis penyakit yang menyerang bibit kelapa sawit yaitu, penyakit bercak daun yang disebabkan oleh jamur Culvularia sp, daun menggulung, daun berkerut, dan daun berputar yang disebabkan oleh faktor genetik. pengendalian penyakit bercak daun dilakukan dengan beberapa cara seperti menggunakan insektisida Score 250EC, mengunting bagian daun yang terkena penyakit, dan dilakukan pengisolasian terhadap bibit yang terserang bercak daun. Sedangkan untuk penyakit daun menggulung, daun berkerut, dan daun berputar yang disebabkan oleh faktor genetik cara pengendaliannya dengan membuang bibit   yang sudah terlihat abnormal.

Published
2019-06-17