Analisis dan Rekonstruksi Lembar Kerja Peserta Didik pada Kegiatan Praktikum Transpor Membran (Difusi dan Osmosis) Jenjang SMA Fase F
Analysis and Reconstruction of Worksheets on Membran Transpor (Diffusion and Osmosis) Practicum Activities for High School Phase F
Abstract
Harapan dari kegiatan praktikum yang dilakukan di sekolah dapat membuat siswa mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilan psikomotorik siswa. Faktanya dalam proses praktikum lembar kerja peserta didik (LKPD) yang digunakan masih memiliki standar yang belum memadai dan belum bisa memberikan pembelajaran bermakna kepada peserta didik. Sebagai contoh, LKPD transpor membran setelah dianalisis dengan menggunakan rubrik Diangram Vee Novak dan Gowin kualitasnya berada di kategori kurang. Sehingga perlu adanya rekonstruksi agar LKPD yang digunakan dapat membantu siswa dalam memperoleh pengetahuan. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif. Pemilihan sampel adalah purposive sampling yang menghasilkan satu LKPD transpor membran (difusi dan osmosis) pada kelas kelas XI fase F untuk dianalisis. LKPD dianalisis dengan rubrik diagram Vee Novak dan Gowin, kemudian dilakukan uji coba dan terakhir dilakukan rekosntruksi sebagai perbaikan dari kegiatan analisis dan ujicoba. LKPD yang telah direkonstruksi telah memuat lima komponen dari diagram vee yang dapat menjadikan praktikum bermakna dan dapat membuat siswa membangun pengetahuannya sendiri. Tahapan rekonstruksi LKPD transpor membrane diharapkan dapat mebantu siswa dalam memahami konsep difusi dan osmosis.