ANALISIS STRATEGI PERSAINGAN PASAR DENGAN MODEL SWOT PADA RUMAH MAKAN AYAM PENYET PAK ULIS DI LANGSA

  • Rini Chandra
Keywords: Analisis SWOT, Persaingan Usaha, Strategi, Rumah Makan Ayam Penyet

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis strategi persaingan yang dilakukan oleh rumah makan Ayam Penyet Pak Ulis Langsa dengan metode SWOT. Hasil penelitian menjelaskan bahwa analisis strategi pemasaran rumah makan Ayam Penyet Pak Ulis tidak hanya menggunakan strategi kualitas produk saja, tetapi juga mempertimbangkan strategi lain seperti memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan. Peluang-peluang yang dimiliki seperti peningkatan jumlah penduduk Kota Langsa dan gaya hidup yang terus berkembang belum dimanfaatkan secara maksimal oleh rumah makan Ayam Penyet Pak Ulis Langsa. Kelemahan paling tinggi yaitu promosi yang belum maksimal. Rumah makan Ayam Penyet Pak Ulis merespon dengan baik peluang dan ancaman yang ada. Dari analisis matriks SWOT diperoleh nilai bobot faktor internal sebesar 2,70 sedangkan nilai bobot faktor eksternal sebesar 2,88. Hal ini menunjukkan bahwa faktor eksternal lebih dominan sebagai faktor penentu pemasaran pada Ayam Penyet Pak Ulis Langsa.

Published
2019-11-25
How to Cite
Rini Chandra. (2019). ANALISIS STRATEGI PERSAINGAN PASAR DENGAN MODEL SWOT PADA RUMAH MAKAN AYAM PENYET PAK ULIS DI LANGSA. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 3(2), 162-173. https://doi.org/10.33060/jensi.v3i2.1878
Section
Articles