Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subyektif dan Keperilakuan terhadap Niat Konsumen Membeli Smartphone Blackberry

  • Rahmad Tantawi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra, Langsa Aceh
  • Husaini Husaini Fakultas Ekonomi Universitas Gadjag Mada, Yogyakarta
Keywords: BlackBerry; Theory of Planned Behaviour; Sikap; Norma Subyektif; Kontrol Keperilakuan.

Abstract

Lembaga riset International Data Corporation (IDC) memprediksi pasar smartphone di Indonesia pada tahun 2012 akan tumbuh sebesar 5%-15% per kuartal dari total pasar handset di Indonesia. RIM (Research In Motion) dengan berbagai varian produk smartphone Blackberry nya telah menjadi market leader di pasar smartphone Indonesia. Persaingan di pasar smartphone dari tahun ke tahun semakin ketat, hal ini tentunya menjadi tantangan bagi RIM (Research In Motion) untuk tetap menjadi market leader di pasar smartphone Indonesia. Untuk menjawab hal itu maka RIM (Research In Motion selaku produsen harus mengenal dan memahami perilaku konsumen di Indonesia. Theory of Planned Behaviour merupakan salah satu teori yang dapat digunakan untuk meneliti perilaku konsumen. Perhatian utama dalam theory of planned behaviour adalah pada niat seseorang untuk melakukan suatu perilaku karena niat merupakan variabel antara yang menyebabkan terjadinya perilaku dari suatu sikap maupun variabel lainnya (Dharmmesta, 1998). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subyektif dan kontrol keperilakuan terhadap niat konsumen untuk membeli smartphone Blackberry. Dalam penelitian ini, jumlah responden sebanyak 190 responden. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa, sikap, norma subyektif dan kontrol keperilakuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat konsumen. Akan tetapi dikarenakan variabel kontrol keperilakuan pada uji realibilitas tidak reliabel, maka dapat disimpulkan bahwa hasil akhir penelitian ini menunjukkan variabel sikap yang memiliki pengaruh paling besar terhadap niat konsumen untuk membeli smartphone BlackBerry.

Published
2017-12-06
How to Cite
Tantawi, R., & Husaini, H. (2017). Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subyektif dan Keperilakuan terhadap Niat Konsumen Membeli Smartphone Blackberry. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 1(2), 161-174. https://doi.org/10.33059/jensi.v1i2.409
Section
Articles