Anggaran Pendidikan, Kepatuhan terhadap Regulasi, dan Intervensi: Sebuah Telaah Literatur
Abstract
Pendanaan untuk pendidikan merupakan isu sangat penting dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kualitas generasi muda suatu bangsa. Pemerintah di setiap negara selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan rakyatnya, terutama melalui pengalokasian sumberdaya yang memadai dalam anggaran pemerintah, baik pusat mau pun daerah. Tulisan ini menjabarkan kondisi, permasalahan, dan realitas yang dihadapi dan dijalani pemerintah daerah di Indonesia dalam penganggaran belanja pendidikannya, sesuai dengan amanat dalam konstitusi Undang-Undang Dasar 1945.
Authors who submit a manuscript understand that if the manuscript is accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI) and the publisher of the journal.
Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI) is an Open Access journal under Creative Commons Attribution-ShareAlike4.0 International License (CC BY-SA 4.0). This license was developed to facilitate open access namely, free immediate access to, and unrestricted reuse of, original works of all types. Under this license, anyone may copy, distribute or reuse these articles, as long as the author and original source are properly cited.