Pengaruh Serviscape terhadap Kepuasan Konsumen di D’Barista Coffee Langsa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Servicescape terhadap kepuasan konsumen D’barista Coffee langsa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 96 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi (R2) dan uji t. Hasil persamaan regresi diperoleh Y = 1,869 + 0,585X. Nilai konstanta adalah sebesar 1,869. Hal ini menunjukan besarnya nilai kepuasan konsumen yang tidak dipengaruhi oleh servicescape adalah sebesar 1,869. Koefisien Regresi servicescape diperoleh sebesar 0,585 memberikan arti bahwa servicescape berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen D’barista Coffee Langsa. Hal ini menunjukan bahwa dengan penambahan satu satuan servicescape maka akan terjadi peningkatan kepuasan konsumen sebesar 0,585 satuan. Nilai Koefisien Determinasi (R2) adalah sebesar 0,395 atau bila dipersentasekan adalah sebesar 39,5%. Hal ini menunjukkan variabel servicescape berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 39,5%, dan sisanya 60,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hipotesis yang menyatakan Servicescape berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen D’barista Coffee Langsa dapat diterima dengan hasil uji t yaitu thitung > ttabel dengan nilai 7,829 > 1,985 dan t sig < 0,05 dengan nilai 0,000 < 0,05.
Authors who submit a manuscript understand that if the manuscript is accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI) and the publisher of the journal.
Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI) is an Open Access journal under Creative Commons Attribution-ShareAlike4.0 International License (CC BY-SA 4.0). This license was developed to facilitate open access namely, free immediate access to, and unrestricted reuse of, original works of all types. Under this license, anyone may copy, distribute or reuse these articles, as long as the author and original source are properly cited.