open access

Abstract

BPJS Ketenagakerjaanmerupakan salah satuprogram jaminan sosial yang ada di Indonesia. Tingkat kepuasanpesertamenciptakansegalabentukkenyamanandankelancaransertasituasi yang amandapatdilihatmelaluipelayanan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan secara efisien dan efektif.Berdasarkan haltersebutpenulis tertarikuntukmelihat tingkat kepuasan peserta terhadap pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)KetenagakerjaanCabangLangsadengantujuan mengetahui bagaimanatingkat kepuasan peserta di BPJS Ketenagakerjaansertadapatdijadikanpertimbangan dalam halmengembangkan perusahaankhususnyadibidangpelayanan.Metodeyang digunakan dalam penelitianini adalahsurvei, denganteknikpengumpulan data berupakuisioner yang diisioleh50 peserta (sampel). Pengisian kuisioner oleh peserta yang langsung datang ke BPJS Ketenagakerjaan cabang Langs mulai 08 Januari 2018 sampai 08 Februari 2018 dimulai pukul 07.45 WIB hingga pukul 17.00 WIB dan berlaku setiap hari senin sampai dengan jum’at. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, secaradeskriptifdapatdisimpulkanbahwapeserta yang datang langsungke BPJS Ketenagakerjaandidominasiolehpriayakni 68%, tingkatpendidikanterakhiryakni SMA sebesar 36%,tingkatpekerjaanwiraswastasebesar 70% danPendapatandominanterletakpadakisaranRp.1.800.000 –Rp. 2.000.000 sebesar 38%. Secaraumumpelayananpada BPJS KetenagakerjaanCabangLangsadarihasilkuisioner yang diisiolehpesertamenunjukkanbahwajawabanrespondenterhadappernyataan yang telahdiajukanmendapatkan total mean yakni 3,56 yang dikategorikansangatbaik, sehinggadapatdisimpulkanbahwatingkatpelayananpada BPJS KetenagakerjaanCabangLangsasangatbaik.