open access

Abstract

BPJS Ketenagakerjaan adalah salah satu program publik yang bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi tenaga kerja. Dalam pelaksanaan tugasnya BPJS Ketenagakerjaan menerapkan teknologi informasi sebagai salah satu penunjang untuk pencapaian tujuan bisnis salah satunya adalah dengan mengembangkan layanan BPJSTK Mobile. BPJSTK Mobile adalah aplikasi pelayanan untuk peserta sebagai bentuk perluasan media layanan informasi yang dihadirkan untuk pekerja yang ingin memastikan pemenuhan hak-haknya oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme sistem aplikasi BPJSTK Mobile dan mengetahui tingkat pemahaman peserta terghadap aplikasi BPJSTK Mobile. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif analisis. Analisis tersebut dilakukan dengan memberikan kuesioner ke 50 responden yang datang langsung ke BPJS Ketenagakerjaan. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa hampir semua responden sudah mengetahui aplikasi BPJSTK Mobile, responden mengetahui sistem informasi tersebut dari pihak BPJS dengan presentasi 86% sedangkan 14% dari pihak lain, dan dari hasil survey tersebut 56% peserta sudah memakai aplikasi BPJSTK Mobile.