open access

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan target kunjungan canvassing dengan minat registrasi badan usaha dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hubungan tersebut terhadap pelaksanaan Program JKN-KIS di Kabupaten Serdang Bedagai. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu jumlah Badan Usaha yang berminat untuk registrasi dan jumlah target kunjungan canvassing yang tercapai di Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2019 (Februari-September). Data bersumber dari instansi Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai. Data yang didapat dari BPJS Kesehatan di analisis menggunakan metode analisis korelasi sederhana. Berdasarkan analisis yang dilakukan terdapat korelasi antara target kunjungan canvassing yang tercapai dengan minat registrasi Badan Usaha di Kabupaten Serdang Bedagai yaitu sebesar 0,751 dan korelasi ini signifikan dengan nilai 0,032. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara target kunjungan canvassing yang tercapai dengan minat registrasi Badan Usaha. Sedangkan arah hubungan yang dihasilkan adalah positif, berarti semakin tinggi target kunjungan canvassing yang tercapai maka semakin meningkat minat registrasi Badan Usaha terhadap Program JKN-KIS di Kabupaten Serdang Bedagai.