PERBEDAAN TINGKAT JENIS PERMOHONAN LAYANAN DARI PANDEMI DAN SESUDAH PANDEMI PADA BADAN PERTANAHAN NASIONAL ACEH TAMIANG

  • indriyani indri Universitas Samudra
  • Ulya Nabilla Universitas Samudra

Abstract

ABSTRAK

 

Tingkat pelayanan jenis permohonan di bidang pertanahan kepada masyarakat merupakan salah satu bagian dari pelayanan umum oleh pemerintah kepada masyarakat. Dalam membantu masyarakat untuk memiliki Hak-hak atas tanah, BPN membentuk program kerja dengan jenis permohonan pelayanan dengan segala urusan atas hak tanah. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu jumlah layanan jenis permohonan pada masa pandemi dan sesudah pandemi di Kantor Pertanahan Aceh Tamiang. Data  yang bersumber dari instansi Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Aceh Tamiang. Data yang didapat dari BPN Kabupaten Aceh Tamiang di analisis menggunakan perbandingan rata-rata pada SPSS. Tujuan Penelitian ini adalah  untuk mengetahui perbedaan layanan jenis permohonan pada masa pandemi dan sesudah pandemi di kantor Badan Pertanahan Aceh Tamiang Berdasarkan analisis yang dilakukan di dapat tidak ada perbandingan rata-rata yang signifikansi layanan jenis permohonan pada masa pandemi dan sesudah pandemi pada Kantor Pertanahan Aceh Tamiang. Jumlah keseluruhan rata-rata untuk layanan jenis permohonan pada masa sesudah pademi lebih besar yaitu 44,70 layanan dari pada jumlah keseluruhan rata-rata layanan jenis permohonan pada masa pandemi yaitu sebesar 31,80 layanan. Hal ini menyatakan bahwa pada masa sesudah pandemi jenis layanan permohonan masyarakat dalam mengurus hak tanah pada Kantor Pertanahan Aceh Tamiang sudah lebih baik dari pada layanan pada masa pandemi. Hal tersebut dikarenakan sudah adanya tindakan pemerintah untuk mengatasi kegiatan dalam masa pandemi.

Kata kunci : Jenis Layanan Permohonan, Perbandingan Rata-rata

Published
2023-10-20