ANALISIS PENINGKATAN MINAT BACA SISWA SD DI KOTA LANGSA MELALUI CERITA RAKYAT DALAM BENTUK KOMIK

  • selvi dayanti selvi dayanti
  • Fairus Fairus Universitas Samudra

Abstract

Abstrak

 

Hasil dari pengamatan pada pembelajara bahasa indonesia dalam membaca cerita untuk memahami isi cerita yang dilaksanakan terhadap siswa SD kelas V kurang maksimal. Kurang mahirnya siswa pada penyimpulan cerita disebabkan karena gurunya tidak memakai media pada pembelajarannya, sehingga proses pembelajaran menjadi kurang menarik. Oleh sebab itu peneliti melaksanakan pengamatan tindakan guna memperbaiki pembelajaran menyimpulkan cerita dalam media komik. Tahapan penelitian menggunakan tiga tahapan, yaitu observasi, tes hasil pembelajaran, dan catatan lapangan. Hasil pengamatan menunjukan bahwa pada setiap pertemuan siklus aktivitas guru mendapatkan persentase 100% dengan jumlah nilai siklus-I pada pertemuan pertama dan kedua sebesar 76,2 dan 81,3. Sedangkan siklus-II dengan jumlah nilai pada pertemuan pertama dan kedua sebesar 84,1 dan 91,3. Untuk hasil pembelajaran menyimpulkan isi dalam cerita meningkat pada siklus I dan II sebesar 72,3 dan 81,1dengan total ketuntasan keduanya adalah 67,6% dan 82,87%. Kendala yang di dapati selama proses pembelajaran adalah kurangnya warna pada komik, sehingga hanya monoton berwarna hitam. Tetapi itu bisa di atasi dengan membuat corak warna baru pada komiknya. Oleh karena itu, komik sangat cocok untuk digunakan dalam media pembelajaran membaca, karena terlihat dapat meningkatkan nilai pembelajaran.

Kata kunci:Komik, media, membaca

 

Abstract

 

The results of observations on Indonesian language learners in reading stories to understand the contents of the stories carried out on fifth grade elementary school students were less than optimal. The students' lack of proficiency in inferring stories was caused by the teacher not using media in their learning, so the learning process became less interesting. Therefore, researchers carry out action observations to improve learning to conclude stories in comic media. The research phase used three stages, namely observation, learning outcomes tests, and field notes. The results of the observations showed that at each meeting of the activity cycle the teacher got a percentage of 100% with the sum of the cycle-I scores at the first and second meetings of 76.2 and 81.3. While cycle-II with the total value at the first and second meeting of 84.1 and 91.3. For learning outcomes, concluding the content in the story increased in cycles I and II by 72.3 and 81.1 with the total completeness of both being 67.6% and 82.87%. The obstacle encountered during the learning process was the lack of color in comics, so only the monotone was black. But that can be overcome by making a new color pattern on the comic. Therefore, comics are very suitable for use in reading learning media, because they seem to increase the value of learning.

Keywords:Comic, Media, Reading.

Published
2023-10-20