Identification of Sliding plane using Seismic Refraction method

Zul Fadhli, Muhammad Syukri, Sabrian Tri Anda

  • zul Fadhli Universitas Syiah Kuala

Abstract

Secara geomorfologi, Gayo mempunyai lembah yang curam dan perbukitan yang terjal. Prasarana jalan tersedia juga berada di tebing perbukitan dan juga dilembah. Kondisi tersebut menyebabkan prasarana jalan menjadi lebih rentan terhadap longsor sehingga menghambat lajunya aktifitas ekonomi masyarakat. Bidang longsor tersebut terjadi karena adanya bidang lemah yang kemudian berubah menjadi lapisan jenuh air yang terletak diatas lapisan kedua. Lapisan kedua tersebut berperan sebagai bidang gelincir yang mempunyai porositas lebih kecil. Penelitian dengan menggunakan metode seismik refraksi 2D digunakan untuk mengindetifikasi litologi bawah permukaan dan bidang gelincir berdasarkan cepat rambat gelombang seismik. Penelitian ini dilakukan pada dua lokasi yaitu, Jl.KKA-Bener Meriah dan Jl.Takengon-Bintang. Masing-masing kawasan memiliki panjang lintasan 120 meter dengan spasi geophone 5 meter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui litologi bawah permukaan dan mengidentifikasi bidang gelincir dengan menggunakan alat seismograph PASI. Pemrosesan data lapangan dilakukan dengan menggunakan software ZondST2D. Hasil pengukuran seismik refraksi 2D pada lokasi 1 (satu) menunjukan adanya zona lemah dilapisan pertama dan keberadaan bidang gelincir pada kedalaman 3 meter dengan jenis batuan sedimen klastik (Vp 1300 m/s). Pada lokasi 2 (dua) keberadaan bidang gelincir berada pada lapisan kedua dengan kedalaman 7 meter dan dengan jenis batuan gamping (Vp 1200 m/s). Bidang gelincir tersebut mempunyai nilai kecpatan gelombang Vp yang sangat kontras dengan lapisan pertama dan akan menjadi media sliding plane untuk lapisan pertama.

References

Asparini, D. 2011. Penerapan Metode Stacking dalam Pemprosesan Sinyal Seismik laut di Perairan Barat Aceh. Institute Pertanian Bogor, Bogor.
Bolt, B. A. 1999. Earthquakes. W.H. Freeman and Company, New York
Darsono. 2012. Identifikasi Bidang Gelincir Pemicu Bencana Tanah Longsor Dengan Metode Resistivitas 2 Dimensi Di Desa Pablengan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar. Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta. Indonesian Journal of Applied Physics (2012) vol. 2 no. 1. Halaman 58.
Kearey, Philip. 2002. An Introduction to Geophysical Exploration. 3rd. Blackwell Science. Ltd. USA.
Larasati, dkk. 2018. Analisis Potensi Tanah Longsor Menggunakan Metode Seismik Refraksi Critical Distance Method dan Delay Time Plus Minus pada Daerah Kebun Karet, Kecamatan Imogiri, Bantul, D.I. Yogyakarta. Proceeding, 2018.
N.R. Cameron, J.D. Bennet, D.McC. Bridge, M.C.G. Clarke, A. Djunuddin, S.A. Ghazali, H. Harahap, D.H. Jeffery, W.Kartawa, W. Keats, H. Ngabito, N.M.S Rocks, S.J Thompson, 1983. PETA GEOLOGI LEMBAR TAKENGON, SUMATRA. Bandung: Pusat Penelitian Dan Pengembangan Geologi.
Paimin, Sukresno dan Pramono, I. B. 2009. Teknik Mitigasi Banjir dan Tanah Longsor. Topenbos International Indonesia Programme, Balikpapan.
Pareta, K dan U. Pareta, 2012. Landslide Modeling and Susceptibility Mapping of Giri River Watershed, Himachal Padesh (India). International Journal of Science and Technology.Volume 1(2), hal: 91-104.
Priyantari, N. & A. Suprianto. 2009. Penentuan Kedalaman Bedrock Menggunakan Metode Seismik Refraksi. Jurnal. ILMU DASAR, Vol. 10 No. 1. 2009 : 6 – 12.
Reynolds, John M. 1997. An Introduction to Applied and Environmental Geophysis. John Wiley & Sons, England
Serambi. 2020. Jalan KKA Tertimbun Tanah Longsor. https://aceh.tribunnews.com/2020/12/07/jalan-kka-tertimbun-tanah-longsor.Tanggal akses 19 Februari 2021.
Sheriff, R, E. Dan Geldart, L. P., 1995. Exploration Seismology. Cambridge University Press, New York.
Subowo, E. 2003. Pengenalan Gerakan Tanah. Bandung : Pusat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral.
Sutikno. 2002. Sistem Informasi Penanggulangan Bencana Alam Tanah Longsor. Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta
Telford, W.M., Geldart, L.,P., Sheriff, and Keys, D.A. 1990. Applied Geophysic. Cambridge University Press. London.
Zeffry B.a, 2018. Aplikasi Metode Seismik Refraksi Untuk Mengidentifikasi Potensi Tanah Longsor di Desa Neuhen, Aceh Besar, Studi Kasus: di Kawasan Perumahan Persahabatan Indonesia –Tiongkok. Universitas Syiah Kuala.
Published
2022-07-29
How to Cite
[1]
zul Fadhli, “Identification of Sliding plane using Seismic Refraction method”, hadron., vol. 4, no. 1, pp. 6-12, Jul. 2022.