IDENTIFIKASI RISIKO POSTUR KERJA BERDASARKAN HASIL EVALUASI MENGGUNAKAN METODE QUICK EXPOSURE CHECK (QEC)

  • Nurul Sabryah Universitas Samudra

Abstract

PT. Solusi Bangun Andalas (SBA) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan yang menghasilkan produk hingga mencapai 1,6 juta ton pertahun hingga seterusnya. Produk yang ditawarkan oleh PT SBA ialah berupa semen. PT.SBA terdapat area bernama AFR (Alternatif Fuel Raw Material)  merupakan gudang bahan baku untuk bahan bakar alternatif serta banyak pekerjaan yang dilakukan secara berulang-ulang dan dalam jangka waktu yang lama. Peneliti mengamati beberapa aktivitas diantaranya bagian pilah batu, pemotongan bag filter, mini shredder, dan driver. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis postur kerja yang tidak ergonomis pada pekerja di area AFR, serta mengetahui perbaikan yang perlu dilakukan untuk beberapa aktivitas di area AFR . Metode yang digunakan adalah Quick Exposure Check (QEC). Hasil dari penelitian ini yaitu Pada aktivitas pilah batu 1 pekerja mendapat nilai high pada bagian leher, pada aktivitas pemotongan bag filter 1 pekerja mendapat nilai high pada bagian punggung dan kedua pekerja mendapat nilai high pada bagian leher, pada aktivitas mini shredder satu pekerja mendapat nlai high pada bagian bahu/lengan dan kedua pekerja mendapat nilai high pada bagian leher, dan pada driver mendapat nilai high pada bagian lengan dan leher. Selebihnya semua postur kerja masih berada pada tingkat moderate dan low. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat dua aktivitas kerja pada bagian AFR yang menjadi prioritas peneliti yang harus segera diperbaiki yaitu pada bagian pemotongan bag filter dan satu aktivitas yang perlu perbaikan yaitu penambahan pekerja dan perbaikan waktu istirahat pada bagian mini shredder. .Usulan perbaikan yang perlu diberikan pada beberapa pekerja yaitu berupa perancangan meja dan kursi kerja yang ergonomis untuk beberapa aktivitas kerja seperti pada bagian pemotongan bag filter dan pilah batu, penambahan pekerja dan waktu istirahat pada bagian mini shredder agar jangkauan pengambilan material hingga pelemparan ke dalam mini shredder tidak terlalu jauh, serta pengarahan tetang pentingnya menggunakan postur kerja yang benar dan baik.

References

Mindhayani, I. (2022). METODE QEC UNTUK PENILAIAN POSTUR TUBUH PEKERJA DI MENARA LOGAM. XVI(1), 90–100.
Pambayung, D., Suhardi, B., & Astuti, R. D. (2018). Penilaian Postur Kerja Menggunakan Metode Quick Exposure Checklist (QEC) di IKM Tahu Sari Murni. PERFORMA : Media Ilmiah Teknik Industri, 17(1).
Rizaldi, A. G., & Cahyana, A. S. (2022). Work Posture Risk Analysis Based on Evaluation Results Using the Quick Exposure Check Method. PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), 5(2), 39–49.
Sulaiman, F., & Purnama Sari, Y. (2016). ANALISIS POSTUR KERJA PEKERJA PROSES PENGESAHAN BATU AKIK DENGAN MENGGUNAKANMETODE REBA. In Jurnal Teknovasi (Vol. 03, Issue 1).
Sokhibi, A., Lingkar, J., Gondangmanis, U., Kudus, B., & Tengah, J. (2017). PERANCANGAN KURSI ERGONOMIS UNTUK MEMPERBAIKI POSISI KERJA PADA PROSES PACKAGING JENANG KUDUS (Vol. 3, Issue 1).
Published
2024-04-01