PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI PENJUALAN TAHU MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA CLARKE & WRIGHT SAVING UNTUK MEMINIMUMKAN BIAYA DISTRIBUSI (Studi Kasus: UD. Sekar Sari, Kab. Aceh Tamiang)

  • Yusri Nadya Universitas Samudra
  • Wiky Sabardi Universitas Samudra
  • Muhammad Rivai Universitas Samudra

Abstract

UD. Sekar Sari merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang industri pangan pembuatan tahu. Dengan terbatasnya alat angkut pada UD. Sekar Sari, pengemudi UD. Sekar Sari melakukan pendistribusian hanya berdasarkan intuisi acak dan tidak mempertimbangkan keefisienan rute yang ditempuh, dengan jumlah permintaan pelanggan yang mengalami peningkatan, pendistribusian produk tahu dilakukan secara bolak-balik dengan rute yang tidak tetap sehingga berdampak negatif pada biaya distribusi dan dapat menimbulkan kerugian. Tujuan penelitian ini adalah menentukan penghematan jarak, biaya distribusi minimum dan rute distribusi terbaik. Metode yang digunakan yaitu metode Algoritma Clarke & Wright Saving. Berdasarkan hasil penelitian penentuan rute terbaik yang diperoleh pada rute minggu ketiga di wilayah Kecamatan Kota Kualasimpang dengan menggunakan metode Algoritma Clarke & Wright Saving ditemukan penentuan rute terbaik untuk wilayah Kecamatan Kota Kualasimpang diperoleh total jarak 87,08 Km /minggu dengan total biaya/minggu sebesar Rp. 24.880/minggu, sehingga selisih jarak yang dicapai adalah 39,76 Km/minggu dengan persentase penghematan 31,34 %. Hal ini menunjukkan bahwa metode Algoritma Clarke & Wright Saving dapat mengurangi jarak tempuh dan biaya distribusi produk tahu pada UD. Sekar Sari.

References

DAFTAR PUSTAKA
Kurniawan, Susanty, dkk. 2014. Usulan Pendistribusian Air Mineral Dalam Kemasan Menggunakan Metode Nearest Neighbour dan Clarke & Wright Saving (Studi Kasus Di PT. X Bandung). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional. Vol 01: Hal 125-136.

Pertiwi, Iriani, dkk. 2020. Penentuan Rute Distribusi Produk Dengan Metode Algoritma Clarke And Wright Saving Heuristic Untuk Meminimumkan Biaya Distribusi Di PT X. Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi. Vol 01: Hal 24-32.

Raihan. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta:Universitas Islam Jakarta.

Rezki, Sahari, dkk. 2016. Penentuan Rute Pendistribusian Tabung Gas LPG 3 Kg Menggunakan Metode Clarke and Wright (Studi Kasus UD. Syamsudin Oemar). Jurnal Ilmiah Matematika dan Terapan. Vol 13:Hal 60-69.

Riansyah, Setiawan, Yusuf, dkk. 2022. Penentuan Keputusan Rute Distribusi Terbaik Menggunakan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). CSRID Journal, Vol. 14 : Hal.91-101.

Syarie H. 2019. Usulan Rute Distribusi Produk Dengan Menggunakan Metode Algoritma Clarke And Wright Savings Untuk Meminimumkan Biaya Distribusi Pada Ikm Nugraha Di Kecamatan Cihaurbeuti. Jurnal Media Teknologi. Vol 06:Hal 115-132.

Winarno dan Arifin. 2019. Penentuan Rute Distribusi Produk Yang Optimal Dengan Menggunakan Clarke And Wright Saving Heuristik. Journal Industrial Manufacturing. Vol 04:Hal 13-26.
Published
2023-04-01