J-ICOM (Jurnal Informatika dan Teknologi Komputer) adalah jurnal ilmiah dalam ilmu komputer, teknologi informasi, dan teknologi komputer yang berisi literatur ilmiah tentang studi penelitian murni dan terapan dalam ilmu komputer, teknologi informasi, dan teknologi komputer. Tinjauan publik tentang pengembangan teori, metode dan ilmu terapan yang terkait dengan subjek dan objek. Jurnal Informatika dan Teknologi Komputer diterbitkan oleh Program Studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Samudra. Jurnal ini berisi artikel penelitian dan studi ilmiah.

Editor J-ICOM mengundang peneliti, praktisi, dan mahasiswa untuk menulis perkembangan ilmiah di bidang yang berkaitan dengan ilmu komputer, tekonologi informasi, dan teknologi komputer

J-ICOM hadir dalam versi Daring dan Cetak. Skim Bidang Ilmu terdiri dari Sistem Cerdas, Big Data, Internet Of Thing, Cloud Computing, Sistem Terdistribusi, Multimedia, Keamanan Multimedia, Visi Komputer, Sistem Informasi, Teknologi Jaringan, Keamanan Jaringan Komputer, Teknologi Komunikasi Optik, E-commarce & E-Learning, Rekayasa Perangkat Lunak, Data Mining, Mobile Application, Knowledge Based Management System, Sinyal Digital, Image Processing,  Robotik, dan lain-lain yang berhubungan dengan teknologi.

Jurnal Informatika dan Teknologi Komputer diterbitkan 2 (dua) kali setahun pada bulan April dan Oktober.