Pengaruh Latar Belakang Pendidikan terhadap Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik di UMKM Kota Langsa

  • Nasrul Kahfi Lubis
Keywords: Penerapan SAK ETAP, Latar Belakang PEndidikan, UMKM

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Latar Belakang pendidikan  terhadap Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Langsa. Sampel penelitian diambil dengan metode stratified sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 73 responden. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear berganda dengan Y= 3.281 + 0.009X1. Hasil uji t menunjukan bahwa Latar Belakang pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap Penerapan Standar Akuntansi Keuangan  Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Hasil uji koefisisen deternimasi menunjukkan kontribusi variabel Latar Belakang pendidikan mempengaruhi Penerapan Standar Akuntansi Keuangan  Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) sebesar 43.4%, sisanya sebesar 56.6 % dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2021-03-24
Section
Articles