DETERMINAN GAYA HIDUP MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SAMUDRA (STUDI EMPIRIS ASPEK KEPERILAKUAN)

  • Suci Wulandari
  • Afrah Junita Fakultas Ekonomi Universitas Samudra
  • Tuti Meutia Fakultas Ekonomi Universitas Samudra
Keywords: Literasi Ekonomi, Kolompok Acuan, Pendapaan Orang Tua, Status Sosial, Gaya Hidup Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Literasi Ekonomi, Kelompok Acuan, Pendapatan Orang Tua, dan Status Sosial terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di Fakultas Ekonomi Universitas Samudra (Studi Empiris Aspek Keperilakuan). Data dalam penelitian ini merupakan data primer dengan metode penyeberan kuesioner untuk pengumpulan data. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif program studi akuntansi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 158 orang yang diperoleh dengan menggunakan metode probability sampling dengan jenis random sampling. Analisis statistik yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS (Statistical Package For The Social Science). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Literasi Ekonomi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Gaya Hidup Mahasiswa. Kelompok Acuan tidak berpengaruh signifikan terhadap Gaya Hidup Mahasiswa. Pendapatan Orang Tua tidak berpengaruh signifikan terhadap Gaya Hidup Mahasiswa. Status Sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Gaya Hidup Mahasiswa. Literasi Ekonomi, Kelompok Acuan, Pendapatan Orang Tua, dan Status Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Gaya Hidup Mahasiswa

Published
2021-05-01
How to Cite
[1]
Suci Wulandari, Afrah Junita, and Tuti Meutia, “DETERMINAN GAYA HIDUP MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SAMUDRA (STUDI EMPIRIS ASPEK KEPERILAKUAN)”, JMAS, vol. 2, no. 1, pp. 32-42, May 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>