PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI, KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP ASIMETRI INFORMASI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI

  • Irwan Sanusi
  • Iqlima Azhar Fakultas Ekonomi Universitas Samudra
Keywords: Konservatisme Akuntansi, Kualitas Pelaporan Keuangan, Good Corporate Governance, Asimetri Informasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh konservatisme akuntansi, kualitas pelaporan keuangan dan good corporate governance terhadap asimetri informasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2019 yang berjumlah 43 bank dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 7 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 23 dengan metode analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik seperti: uji normalitas data, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas serta uji hipotesis seperti uji regresi linier berganda, uji signifikan parameter individual (uji parsial), uji signifikansi simultan (uji simultan) dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil persamaan regresi linier berganda adalah Y = 0,860 - 0,071X1 + 0,058X2 - 0,065X3 + e.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial konservatisme akuntansi tidak berpengaruh signifikan terhadap asimetri informasi, kualitas pelaporan keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap asimetri informasi dan good corporate governance berpengaruh signifikan terhadap asimetri informasi serta secara simultan konservatisme akuntansi, kualitas pelaporan keuangan dan good corporate governance berpengaruh signifikan terhadap asimetri informasi.

Published
2021-05-07
How to Cite
[1]
Irwan Sanusi and Iqlima Azhar, “PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI, KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP ASIMETRI INFORMASI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI”, JMAS, vol. 2, no. 2, pp. 91-110, May 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)