PENGARUH PEMBIAYAAN QARDH, IJARAH DAN ISTISHNA TERHADAP PROFITABILITAS BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) DI INDONESIA

Main Article Content

Mister Candera
Anggreany Hustia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan pengaruh pembiayaan qardh, pembiayaan Ijarah, dan pembiayaan Istishna terhadap profitabilitas Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di Indonesia. 


Ruang lingkup yang dijadikan sebagai fokus penelitian adalah pembiayaan qardh, pembiayaan ijarah dan pembiayaan istishna terhadap profitabilitas Bank Pembiayaan Rakyat Syarian (BPRS) di Indonesia, dimana data diperoleh dari laporan perusahaan pada situs Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Dalam penelitian ini pembiayaan qardh, ijarah dan ishtishna ini dijadikan sebagai variabel eksogen, sementara profitabilitas BPRS dijadikan sebagai variabel endogen. Data akan diolah dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda menggunakan aplikasi e-views.


Hasil penelitian menunjukan bahwa: Secara simultan, ketiga variabel pembiayaan BPRS qardh, ijarah dan istishna mempengaruhi profitabillitas Bank pembiayaan rakyat Syariah di Indonesia. Dan secara parsial dari hasil analisis data pada periode 2013 sampai 2017 menyatakan bahwa variabel pembiayaan qardh berpengaruh signifikan dan positif terhadap bank pembiayaan rakyat syariah di Indonesia apabila diukur dengan menggunakan Return on Equity (ROE). Hasil tersebut mengindikasikan bahwa setiap kenaikan satu persen berpengaruh terhadap profitabilitas bank pembiayaan rakyat syariah.

Article Details

How to Cite
Candera, M., & Hustia, A. (2019). PENGARUH PEMBIAYAAN QARDH, IJARAH DAN ISTISHNA TERHADAP PROFITABILITAS BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) DI INDONESIA. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(1), 58-67. https://doi.org/10.33059/jmk.v8i1.1183
Section
Articles

References

Arifin, Zainul, 2006, Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah. Jakarta: Pustaka Alvabet.
Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 06/DSN-MUI/IV/2000 tentang Pembiayaan Ijarah, http//dsnmui.or.id/ (Diakses pada 20 oktober 2016)
Firdaus, Auritsniyal, 2016, Tinjauan Yuridis Pembiayaan Ijarah Multijasa pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS)(Tesis). Yogyakarta: UIN Pers.
Karim, Adiwarman, 2006, Bank Islam-Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.