Pengaruh Profitabilitas Dan Kecukupan Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Islamic Social Report (Isr) Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Bank Umum Syariah Indonesia Tahun 2014-2018)

Main Article Content

Fauzi Sulistiyo
Indah Yuliana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan pada bank umum syariah di Indonesia. Faktor yang dianalisis dalam penelitian ini adalah profitabilitas, kecukupan modal, dan Islamic Social Report (ISR). Populasi dalam penelitian ini adalah 14 Bank Umum Syariah Indonesia. Sampel dalam penelitian ini yaitu 8 Bank Umum Syariah Indonesia yang telah memenuhi kriteria selama periode 2014-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan d adalah purposive sampling. Metode dalam penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi berganda dan uji moderasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa profitabilitas, kecukupan modal, dan Islamic Social Report (ISR) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Kemudian Islamic Social Report (ISR) mampu memoderasi hubungan antara profitabilitas dan kecukupan modal terhadap nilai perusahaan.

Article Details

How to Cite
Sulistiyo, F., & Yuliana, I. (2019). Pengaruh Profitabilitas Dan Kecukupan Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Islamic Social Report (Isr) Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Bank Umum Syariah Indonesia Tahun 2014-2018). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(2), 238-255. https://doi.org/10.33059/jmk.v8i2.1703
Section
Articles

References

Agustina, LAA. 2014. Pengaruh CAR, NPL, NIM, LDR, dan BOPO Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Roa Sebagai Variabel Intervening Pada Bank-Bank Umum Go Public di Indonesia Periode 2008-2012. Skripsi. Semarang: Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.
Anggraini, Fr. R. Retno. 2006. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogya.
Arifin, Z. 2002. Dasar-Dasar Manajemen Perbankan Syariah. Jakarta: Alfabeta.
Brigham and Houston. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 1 (Edisi 11). Jakarta: Salemba Empat.
Dendawijaya, L. 2009. Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia
Fahmi, I. 2014. Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Farook, S., Kabir HM., & Lanis, R. 2011. Determinants of corporate social responsibility disclosure: the case of Islamic banks. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 2(2): 114–141.
Fitriyah, N., Alamsyah., Pusparini, H. 2016. Kinerja keuangan dalam kerangka maqoshid syariah : pengaruhnya terhadap nilai perusahaandengan islamic social reporting sebagai variabel moderating. Jurnal Aksioma, 15(2): 72-95.
Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 21. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 23. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halimah, SN., dan Komariah, Euis. 2017. Pengaruh ROA, CAR, NPL, LDR, BOPO Terhadap Nilai Perusahaan Bank Umum. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. 5(1): 14-25
Haniffa, R.M., and Cooke, T. E. 2005. The Impact of Culture and Givernance on Corporate Social Reporting. Journal of Accounting and Public Policy, 24: 391-430.
Idroes, F. 2008. Manajemen Risiko Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Priyatno, D. 2017. Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Savira, MN. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Dewan Pengawas Syariah, Crossdirectorship, Kepemilikan Manajerial, dan Kepemilikan Institusional Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Skripsi. Semarang: Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Kasmir. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Khoiriyah, N. 2018. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi. Malang: Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
Lubis, IL., Sinaga, BM., Sasongko, H. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Sruktur Modal, dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen. 3(3): 458-465.
Maimunah, S., dan Fahtiani, T. 2019. Pengaruh NPL, ROA, dan CAR Terhadap PBV Pada Bank BUMN. Jurnal Informasi Perpajakan, Akuntansi, dan Keuangan Publik. 14(1): 19-36.
Nugroho, A. 2015. Pengaruh Kecukupan Modal, Risiko Kredit, Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Othman, R., and Thani, Azlan, Md. 2010. Islamic Social Reporting Of ListedCompanies In Malaysia. Jurnal International Business & Economics Research. 9(4): 135-144.
Padli, MI., Diana, N., dan Afifudin. 2019. Pengaruh Good Corporate Governance, Maqashid Sharia, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E-JRA. 8(1): 1-13.
Rahayu, T. 2013. Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting (Indeks ISR) Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Keuangan Islam Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Rajab, MHD. 2017. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Medan: Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Rodoni, A, dan Herni. 2014. Manajemen Keuangan Modern. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sari, PY. 2018. Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Jurnal Nominal. 7(1): 111-125.
Savira, MN. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Dewan Pengawas Syariah, Crossdirectorship, Kepemilikan Manajerial, dan Kepemilikan Institusional Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Skripsi. Semarang: Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Setiawan, I., Swandari, F., Dewi, DM,. 2018. Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR)Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Wawasan Manajemen. 6(2): 168-186.
Setiyani, N. 2019. Pengaruh Profitabilitas dan Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Panin Dubai Syariah TBK Periode 2016-2018. Thesis. Purwokerto: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto.
Raharjo, S., dan Wahyuni, S. 2019. Analisis Pengaruh Pembiayaan Murabahah dan Mudharabah Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis & Manajemen. 19(1): 39-50.
Sutapa., Laksito, H. 2018. Peran Islamic Social Reporting Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Indonesia. 7(1): 57-68.
Sutrisno. 2014. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan. Business & Management Journal Bunda Mulia. 10(2): 32-48.
Syamsudin, L. 2007. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Thaib, I. dan Acong, D. 2017. Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Perbankan Manajemen dan Akuntansi. 10(1):25-44.
Watts, RL., and Zimmerman, JL. 1986. Positive Accounting Theory. USA: Prentice-Hall.
Yuliati, Erna dan Zakaria. 2015. Analisis Risk, Earnings dan Capital Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014. Jurnal Future. 108-124.
Zuhdi, M.A. 2015. Analisis Pengaruh Good Corporate Governance Dan Kinerja Keuangan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiah Yogyakarta.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'