E-Promosi untuk Komunikasi pelanggan di Sektor Minuman: Studi Kopi Kenangan Indonesia
Main Article Content
Abstract
Penelitian untuk mengetahui pengaruh e-promotion pada media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen Kopi Kenangan. Variabel yang diteliti yaitu: Personal relevance (X1), Interactivity (X2), Message (X3), dengan variable keputusan pembelian pada konsumen Kopi Kenangan menggunakan model attention, intersert, disire, action. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 165 responden. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan metode non probality sampling. Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling, yaitu cara untuk mendapatkan sampel berdasarkan siapa saja konsumen yang kebetulan bertemu pada saat melakukan penelitian. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji realibilitas. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t, analisis data yang digunakan adalah regresi berganda.Variabel Personal Relevance (X1) memberikan pengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada kopi kenangan. Variabel Interactive (X2) tidak memberikan pengaruh terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan. Sedangkan Variabel Message (X3) memberikan pengaruh terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan. Variable yang memberikan pengaruh besar terhadap Keputusan Pembalian (Y) adalah variable Personal Relevance.
Kata Kunci: e-promotion, personal relevance, interactivity, message, analisis regresi berganda.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Menyataakan bahwa :
- Saya menyatakan bahwa artikel (judul artikel) adalah asli dan tidak pernah dipublikasikan sebelumnya atau akan dipublikasikan di tempat lain.
- Dengan publikasi, saya kirimkan hak cipta kepada Jurnal Manajemen dan Keuangan. Transfer Hak Cipta termasuk dalam hak untuk mereproduksi fotografi untuk artikel sejenis dan terjemahannya. Hal ini juga termasuk dalam hak untuk memasukkan artikel dalam sistem computer untuk disebarluaskan dalam jaringan tersebut.
Declare that :
- I hereby declare that I have submitted to the Jurnal Manajemen dan Keuangan for the above manuscript in origininal no part has been plagiarized and willing to pay a journal management fee.
- I, in consideration of the acceptance of the above work for publication, do hereby assign and transfer to the Jurnal Manajemen dan Keuangan, Management Department Universitas Samudra all of the rights, title, and interest in and to the copyright of the above titled work in its current form, including online supporting material (data supplements) submitted with the work, and in any form subsequently revised for publication and/or electronic dissemination, including translations to another language. I agree to the fact that any attempt to reproduce the text or figures may require their kind permission.
References
Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Brand Elmeira. Jurnal
Manajemen Indonesia. Vol 3. No.3
Alfirahmi. (2019). Fenomena Kopi Kekinian di Era 4.0. Jurnal Lugas, 3(1), 24–32.
Ana Ramadhayanti .(2019). Analisis Gaya Komunikasi Pemasaran Online dan
Pengembangan Infrastruktur E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian
Jurnal Manajemen Indonesia
Arwiedya, Y. (2011). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2018). Hasil Survei 2018 Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Diakses 25 Desember 2019, dari https://apjii.or.id/
Ferdinand, A. (2007). Manajemen Pemasaran (I). Jakarta: Erlangga.
https://doi.org/10.1080/08911760903022556
Jamaludin, A. (2015). Pengaruh Promosi Online dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembeli (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran Jilid 1. In Jakarta.
Kottler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi ke-12. Jilid ke-1). Jakarta: Erlangga.
Pratiwi, Y. R., & Lubis, E. E. (2017). Pengaruh Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Boardgame Lounge Smart Cafe Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(1), 1-15.
Musay, F. P. (2013). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.
Rahayu, S. (2016). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Kartu AS Telkomsel Masyarakat Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Sangadji, E. M. dan S. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Penerbit Salemba.
Shewan, H. M., & Stokes, J. R. (2013). Review of techniques to manufacture micro-hydrogel particles for the food industry and their applications. In Journal of Food Engineering. https://doi.org/10.1016/j.jfoodeng.2013.06.046
Sejarah Kopi Kenangan https://id.wikipedia.org/wiki/Kopi_Kenangan
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2HTML/Bab209218/body.html